top of page
Recent Posts

Dibalik Sebuah Pencapaian


Kita lebih terbiasa untuk menyadari suatu hal yang tidak berjalan seperti yang kita pikirkan, daripada hal yang berjalan dengan baik. Pikiran kita tertuju kepada kesuksesan dari hal yang kita kerjakan, pencapaian yang baru, dan peningkatan diri kita. Kecenderungan ini terjadi secara natural, karena kesuksesan dan pencapaian akan membuat kita merasa lebih baik. Namun, hasil akhir bukanlah segala-galanya. Dalam setiap tujuan yang mau kita capai, kitapun harus menyadari kualitas dari prosesnya. Dengan kata lain, proses yang berkualitas adalah kunci dari hasil yang maksimal.

Kita merencanakan, menyiapkan sebuah projek, mendesign sebuah karya, bertemu dengan partner kerja, belajar untuk ujian, mengadakan pertemuan-pertemuan, dan segala usaha lainnya untuk mencapai tujuan kita. Tidak perduli berapapun usianya, manusia melakukan usaha tertentu untuk mencapai yang ia inginkan, dan perjalanan hidup serta pengalaman yang ada pada akhirnya membentuk sebuah pola kerja tertentu - sebuah ritme dari sesuatu yang dilakukan berulang kali. Dari segala proses ini, ada sebuah hal yang patut kita pertimbangkan:

Pernahkah kita mengharapkan sebuah hasil yang berbeda, tetapi tetap melakukannya dengan cara yang sama berulang kali?

Kehidupan akan terus berjalan, proses akan selalu ada, dan ada hasil yang kita inginkan dari proses yang kita jalani. Namun, pastikan dalam setiap hal yang kita kerjakan, kita sungguh-sungguh menyadari bahwa setiap proses membuka peluang bagi perubahan. Untuk merubah cara kerja kita yang lama, menjadi baru. Yang sebelumnya tidak berhasil, menjadi berhasil. Yang awalnya biasa saja, menjadi luar biasa. Yang dulunya kurang efektif, menjadi efektif.

Hasil yang kita capai tergantung dari

cara kita mengerjakan prosesnya.

We are used to spot the things that’s different from what we expected, more than the things that works really well. Our thoughts are focused on the success, on the new achievements, and our improvement. This tendecy happens naturally because success and achievement can boost our self-esteem. Nevertheless, it’s not just about the result. In every goal that we aim for, we need to really understand the quality of the process. In other words. A qualified process is the key to a qualified result.

We plan, prepare for a project, design an artwork, meet with our partners, study for the exam, arrange meetings, and all we could do to achieve our goals. No matter how old a person is, human goes in a journey, trying to achieve their dreams, and his/her journey with all its experiences have shaped a certain pattern of work – a rhythm of something that is done over and over again. Through all this process, there is one thing worthy enough for us to consider:

Have we ever expected a different result, but doing it the same way over and over again?

Life keeps going forward, process still exist, and we will always have a certain result that we expect from the process we’ve been through. But, always make sure that we realize that every process will open a door to a change. To change our old ways of doing things, to the new one. To change what didn’t work out, into success. To change something ordinary, into extraordinary. To change something less effective, into something effective.

The result we want to achieve

depends on how we do the process.

Search By Tags
Archive
bottom of page