top of page
Recent Posts

The Person in Each Personality II: An Influence

Pada bagian pertama, kita telah membahas tentang kepribadian sebagai fondasi awal dari keseluruhan hidup seseorang. Pada bagian kedua ini, kita akan membahas dampak yang orang lain terima dari kepribadian yang sehat.

Saat kita mengenal diri sendiri, kita mengetahui beberapa informasi tentang diri kita, contohnya:

  • Hal yang kita suka & tidak suka

  • Potensi yang kita miliki

  • Nilai yang dimiliki & dipercaya

  • Tingkat kepercayaan diri

  • Kekuatan & kelemahan yang dimiliki

Hal yang disebutkan ini hanyalah sebagian gambaran yang bisa kita gunakan supaya kita dapat mengerti bahwa yang kita tahu & kenal tentang diri sendiri, berdampak bukan hanya kepada kesehatan emosional & jiwa kita, tapi juga berdampak kepada orang-orang di sekitar kita.

Hal yang kita suka & tidak suka, membuat kita punya rasa yakin dalam membuat pilihan. Dengan mengetahui yang kita inginkan, kita membantu orang lain juga untuk mengenal diri kita lebih baik. Jika kita bersikap plin-plan karena kurang mengenal diri, kita pun membuat orang lain menjadi bingung.

Mengenal & mengembangkan potensi diri memberikan kita rasa bangga akan diri sendiri, merasa bahwa kita berguna & menambah semangat. Orang lain jelas mendapatkan dampak yang baik dari seseorang yang mengembangkan potensinya. Mengembangkan potensi bisa bermacam-macam, contohnya: melukis & menghasilkan karya yang indah; bernyanyi & menghibur orang lain; bekerja dengan kerapihan, menulis dengan ketepatan; & sebagainya.

Nilai yang kita miliki akan tercermin dari cara kerja & sikap kita. Dengan mengambil nilai-nilai yang positif untuk membangun diri seperti kejujuran, keramahan, & ketulusan, akan membangun kredibilitas dalam diri kita serta dipercayai oleh orang di sekitar kita.

Sudah mendapat gambaran tentang pentingnya kepribadian yang sehat? Kami akan membahas tentang Kepercayaan Diri dalam post yang berikutnya!

Stay tuned! :)

+++

On our previous post, we have shared that personality is a foundation of life. Now, we will see how healthy personality influences others.

When we know ourselves well, we find some information about us, for example:

  • What we like & dislike

  • Our potentials

  • Our values

  • Our self confidence

  • Strength & weakness

These are only a part of the whole picture, to help us understand that our knowledge of selves is influencing our emotional & soul well-being, as well as influencing others.

Knowing what we like & dislike will help establish feeling of certainty when making choices. Knowing what we really want helps others to know us better. If we are unsteady & wavering too much because we don’t know enough about ourselves, we are also leading others to confusion.

Knowing & developing our potentials affect our self esteem, feeling of worth, & our desire to grow. Of course, others will benefit from someone who is developing his or her potentials. Potentials can vary, for example: painting & creating beautiful artwork, singing & lifting people up, working with orderliness, writing with precision; & many more.

The values we hold will be reflected from the way we do things & how we behave. Having positive values such as honesty, kindness, & sincerity will affect our credibility, and how others can trust us.

So what do you think about the importance of a healthy personality? Next, we will share about Self Confidence!

Stay tuned! :

Search By Tags
Archive
bottom of page