top of page
Recent Posts

Seeds into Trees


Pada umumnya, kita bisa langsung mengenali anak-anak dan orang dewasa karena kita bisa melihat pertumbuhan fisik yang terjadi dari masih kecil sampai dewasa. Tapi tahukah kamu, bahwa potensi, talenta, dan kemampuan kita juga bisa bertumbuh? Bagaimana cara untuk mengenali pertumbuhan itu jika hal itu ada di dalam diri kita?

Bayangkan potensi atau talenta atau kemampuan kita seperti sebuah bibit.

Agar bibit bisa menjadi sebuah pohon, bibit itu harus ditanam di dalam tanah terlebih dulu. Kemudian diberi air, sehingga bagian-bagiannya semakin bertumbuh, lalu juga diberi pupuk. Semakin ia bertumbuh, ia akan memiliki batang, daun-daun, dan akan berbuah suatu hari jika dirawat dengan baik. Ada suatu waktu di mana pohon itu harus dipangkas batang-batangnya dengan cara yang benar, sehingga akan berbuah makin banyak.

Dari ilustrasi ini, kita bisa belajar bahwa potensi kita bisa dikembangkan dan bertumbuh. ‘Air, pupuk, dan zat’ yang baik baginya adalah hal-hal yang kamu lakukan sehingga potensi itu berkembang, misalnya latihan, mengerjakan tugas atau proyek tertentu, dan masih banyak lagi. Lalu ‘pemangkasan’ itu seperti tantangan yang akan kamu hadapi, dan mungkin kamu akan merasa sakit dan tidak nyaman karenanya, tapi tantangan itu malah pada akhirnya membantumu untuk ‘berbuah’ lebih banyak. ‘Berbuah’ di sini berarti, dampak yang kamu berikan; yang bisa dinikmati oleh orang-orang yang ada di sekitarmu. Dan janganlah lupa, ‘buah’ yang dihasilkan itu bergantung pada ‘jenis bibit pohon’mu. Jadi, jangan membandingkan dirimu dengan orang lain, karena setiap orang punya potensi yang berbeda.

Jadi, di fase manakah perkembangan potensimu saat ini? Bisakah kamu mengenalinya? Mari kita coba bersama! Kamu pun bisa meminta bantuan orang-orang yang terpercaya seperti orangtua, sahabat dekat, dan lain-lain, yang akan memberikan penilaian yang jujur tentang dirimu.

+++

Most often, we recognize children or adults according to their physical growth. But do you know that your potentials, talents, and ability can also grow? How do you recognize the growth of something that lies on the inside?

Think of our potential or talent or ability as a seed.

In order for a seed to turn into tree, it has to be planted first. Then, give it some water, and as it grows, we give it fertilizer too. In time, stems, leafs, and even fruits will also appear if we take a good care of it. There will be one time when the stems need to be cut in the right way so the tree will bear even more fruits.

From this illustration, we can learn that our potentials can grow if we truly develop it. “Water, fertilizer, and other good substance” are the things you do so your potential will grow, such as, practicing, doing some task or projects, and others. Then the ‘stem cut’ will be like a challenge you need to face, and it may cause you to feel pain or uncomfortable, but it will eventually make you ‘bear more fruits’. ‘Fruits’ means the impact that you give; something that will be beneficial for the people around you. You need to remember that each ‘fruit’ is different, according to the type of the ‘seed’ itself. So, never compare yourself with others because each person has different potentials.

So which phase are you right now in your potential growth? Can you recoginze it? Let’s learn to recognize the phase together! You can also ask your trusted people such as your parents, close friends, and others, who will give you honest comments.

Search By Tags
Archive
bottom of page