top of page
Recent Posts

Setting Standard


Semua orang, pasti dan harus punya standar tersendiri di hidup ini. Tujuan standar bukanlah untuk membuat kita jadi orang yang sombong, dan bukan sekedar dibuat-buat, tapi harus berdiri di fondasi kejujuran. Standar itu menjadi tolak ukur kita, saat kita mempertimbangkan sesuatu dalam hidup kita. Standar yang sehat itu realistis, dan tidak muluk ataupun berlebihan. Kita bisa menentukan standar dengan benar, kalau kita mengenal diri dengan baik. Tapi kali ini, kita akan lebih dulu belajar tentang kenapa hidup dan diri kita perlu punya standar.

1. Standar melindungi diri kita

Standar itu berasal dari nilai-nilai yang kita pegang dalam hidup. Misalnya, nilai kebersihan, kejujuran, kerapihan, dan lain-lain. Kalau kita punya standar, kita akan melindungi diri kita dari nilai-nilai yang tidak kita inginkan, yang bisa datang dari mana saja, pergaulan, media, hiburan, dan sebagainya. Tidak semua hal yang kita dengar harus kita percayai. Tidak semua hal yang ada perlu kita coba, bukan supaya kita jadi orang yang takut mencoba dan percaya, tapi untuk menjadi orang yang cerdik, mengenali apa yang memberikan pengarug positif dan apa yang memberikan pengaruh negatif; mengenali apa yang bisa membangun atau merusak kita; dan mengenali apa yang mendewasakan ataupun tidak mendidik.

2. Standar membuat kita fokus

Kalau kita kenal diri kita dengan baik, kita pasti punya tujuan ataupun hal-hal yang kita mau capai dalam hidup. Kalau kita tidak punya standar, kita gampang digoyahkan oleh segala hal yang bisa datang ke hidup kita. Mencapai tujuan itu perlu fokus, dan standarlah yang akan membantu kita tetap fokus dengan tujuan itu.

3. Memiliki standar menghargai diri kita sendiri

Sebelum bisa menghargai orang lain, kita perlu tahu arti dari menghargai diri sendiri karena selama kita tidak bisa menghargai diri sendiri, kita tidak bisa menghargai orang lain. Menetapkan standar berarti kita menghargai diri sendiri untuk memilih apa yang baik dan benar bagi diri kita.

Menetapkan standar memang perlu proses, karena perlu sikap dan pemikiran yang dewasa, tapi jika ada hari dimana kita gagal, janganlah menyerah, karena yang terpenting adalah, kita terus berusaha! Have a healthy standard and your life will be healthy too!

+++

Everyone, have or must have their own standard in life. The purpose of standard is not to make us feel superior, or only to fake something, but it has to stand upright on the foundation of honesty. Standard will be our measurement to consider some things in life. Healthy standards are realistic. We can set the right standard if we know ourselves well. But this time, we will firstly learn why we need standard in life.

1. Protection

Standard comes from the values we hold in life. For example, honesty, orderliness, and timeliness. If we have standard, we will protect ourselves from the values that we don’t desire; which can come from any kind of sources. Not everything we hear is worth to be trusted. Not everything we know worth a try. It’s not about making ourselves fear many things, but to be clever; to know the things that will bring positive or negative impact; to know the things that will build or tear us down; and to know the things that will help us to grow or simply stuck.

2. Focus

If we know ourselves well, we will have purpose or goals. If we don’t have standard, we will be easily shaken by anything that encounters our life. Achieving purpose needs focus, and standard will help us to focus in our purpose.

3. Value

Before we could value others, we need to know what it means to value ourselves, because as long as we couldn’t value others, we couldn’t value ourselves. Setting standard means we value ourselves enough to choose what’s good and right for ourselves.

Setting standard requires process, because it needs us to be mature in thinking and behavior, but if there are times when we fail, keep trying because it is important that we don’t give up! Have a healthy standard and your life will be healthy too!

Search By Tags
Archive
bottom of page