top of page
Recent Posts

3 Things About Relationship


Setiap orang memulai hubungan pertamanya sejak usia 1 hari saja di dunia; sejak lahir dan bertemu dengan orangtuanya pertama kali. Semakin ia besar dan kemudian bersekolah, ia bisa bertemu teman-teman barunya kemudian belajar berinteraksi dengan anak-anak lainnya.

Kita sering berpikir bahwa sesuatu yang kita anggap tahu, atau secara natural sudah bisa dilakukan, tidak perlu dipelajari lagi. Contohnya, berbicara. Dari kecil kita menyerap hal di sekeliling kita dan belajar bicara, sampai kita besar, kita sudah menganggap berbicara itu adalah hal yang biasa saja. Tidak ada yang perlu dipelajari lagi tentang bicara, tidak perlu kemampuan tertentu untuk bicara. Padahal, untuk berbicara, ada hal-hal yang harus kita pelajari lagi, supaya kita pandai mengenal waktu berbicara yang tepat, bagaimana berbicara dengan orang yang lebih tua, kapan harus diam dulu dan mendengar orang berbicara, bahkan perlu tahu arti sebenarnya dari kata-kata yang kita ucapkan.

Sama halnya dengan hubungan. Hanya karena kita tahu cara memulai hubungan, misalnya dengan berkenalan dan berteman, bukan berarti kita sudah tahu dan bisa merawat hubungan yang kita miliki dengan baik.

Pada kesempatan ini, kami ingin memberikan 3 hal simpel yang bisa kamu ingat, untuk membantu kamu dalam membangun hubungan dengan lebih baik.

1. Waktu & Usaha

Setiap hubungan perlu waktu, dan juga usaha. Ada keluarga yang sudah tinggal bersama seumur hidup tapi tidak saling benar-benar mengenal. Ada teman yang bisa memahami kita lebih dalam dan lebih dekat daripada keluarga. Maka itu selain waktu, perlu juga usaha; merawat hubungan itu dengan perhatian yang tulus, menjadi seorang yang setia bagi kerabat kita, serta peduli dengan apa yang terjadi dalam hidup mereka.

2. Pengertian

Semakin kita kenal banyak orang, kita harus semakin punya pengertian yang luas. Tidak ada 2 orang yang bisa disama-samakan ataupun dibandingkan. Setiap orang punya ceritanya sendiri, setiap orang punya kelemahan dan kekuatan, dan inilah bagian kita: mengenal diri mereka yang sesungguhnya dan menerima mereka yang sesungguhnya. Perlu diingat juga tidak semua teman itu perlu dijadikan teman dekat. Bukan memilih-milih dalam berteman, tapi pilihlah dengan seksama yang bisa kamu percaya dan pada saat yang sama jadilah teman yang bisa dipercaya.

3. Sinergi

Hubungan yang benar dijalankan dengan tulus, dan hasil yang didapat adalah sebuah sinergi. Ini berarti, kita dan orang dalam hubungan kita bisa saling menguatkan dan memperbesar kapasitas satu sama lain. Besi akan menajamkan besi. Hubungan bukanlah untuk merubah orang lain, tapi hubungan yang benar akan merubah kita dan membuat kita maju, menjadi seseorang yang lebih baik.

Hubungan itu bisa terlihat kompleks, tapi coba mulailah dengan 3 hal ini, yang kamu bisa coba lakukan untuk memperkuat hubungan yang kamu punya.

Start building relationship today, and continue on tomorrow.

Do this faithfully and you will get the result.

+++

Every person starts his first relationship starting at age 1 day old; from the moment he is born and meet his parents for the first time. As he grows older and goes to school, he meet new friends then learn to interact with other kids.

We often think that what we naturally know, need no lesson to learn anymore. For example, in speaking. From earlier age, we absorb things around us like a sponge and learn to speak until we get older and thought that there is nothing special to learn about speaking. Meanwhile, there are several points we need to upgrade, such as knowing the right time to utter the words, manners in talking with the senior, the perfect timing to stop and to listen instead to other people, and we even need to learn the accurate meaning the words we speak.

Same thing happens in relationship. Just because we know the way to start relationship by introducing ourselves and making new friends, doesn’t mean that we know the littlest thing about nurturing the relationship we have.

So now we are going to share with you the three simple and easy-to-remember things about relationship to help you to nurture your relationship!

1. Time & Effort

This duo will work best because it’s just what every relationship needs. Some families live with us for our whole life yet don’t know too much about us and there are some friends who comprehend better than our own blood relatives. That’s why, time needs to be paired up with effort; to take care of the relationship with sincere affection, to be faithful to our friends, as well as showing a genuine care towards their lives.

2. Understanding

The more people we know, the more we need a wider understanding. People are not supposed to be compared, everyone has their own story, their own weakness and strength, thus this is our part: to know them and to love them for whom they really are. It is also crucial to know that not every person needs to be made our close friends. It’s not about being a picky person in friendship but it’s about choosing the one that you can trust, and at the same time, be a trustworthy person for your friends.

3. Synergy

From nurturing a relationship, what you get as a result of it is synergy. This means that your relationship cause you to be in support with each other, encouraging and enlarging capacity. Iron sharpens iron. The purpose of relationship is not to change the other person, but the right relationship will transform us to be a better person.

Search By Tags
Archive
bottom of page