top of page
Recent Posts

Stronger than Insecurities


"Aku ga cukup bagus dengan baju ini."

"Seharusnya mereka tahu aku siapa."

"Kenapa mereka belum likes fotoku sampai sekarang?"

"Kayanya aku ga sesuai di tempat ini, orang-orangnya kurang welcome."

"Aku bukan apa-apa, dia tampak sempurna."

Dan selanjutnya, dan selanjutnya.

Pikiran ini sering muncul dari rasa tidak aman terhadap diri sendiri atau biasa dikenal dengan insecurity. Berapa kali pertanyaan ini muncul dalam pikiran kita setiap hari? Saat kita merasa diri tidak layak akan sesuatu ataupun saat kita membandingkan diri kita, sebenarnya kita sendirilah yang sedang tidak menghargai diri kita.

Setiap hari ada rasa insecure yang bisa datang kapan saja. Respon terbaik yang kita berikan adalah, ingatkan diri kita sendiri bahwa, kemampuan kita, nilai kita, dan arti keberadaan kita TIDAK ditentukan oleh orang lain atau hal-hal yang diluar diri kita.

Semua dimulai dari diri sendiri. Kita harus lebih dulu menghargai diri kita sendiri, baru kita bisa mengerti apa artinya menghargai orang lain. Dan saat kita menghargai diri sendiri, setiap hari kita akan semakin terbentuk menjadi individu yang kuat kepribadiannya, dan tanpa disadari, kita memancarkan keberadaan kita, dan orang lain pun turut menghargai diri kita.

Seperti apa bentuknya menghargai diri sendiri?

Contoh: menghargai perasaan dan pikiran yang kita punya. Perasaan dan pikiran kita punya masing-masing karena kita unik, bukan karena kita sedang berlomba jadi harus menjadi lebih baik dari orang lain.

Contoh ke-2: kenali diri lebih dalam. Kenali kekuatan sekaligus kelemahan dan terimalah itu lalu terus kembangkan diri, bukan merendahkan diri.

Contoh ke-3: pilihlah hal yang membawa kebaikan bagi diri kita sendiri. Menghargai adalah tentang memberi. Pilihlah hal atau kegiatan positif yang bisa membangun diri.

Hadapi insecurity.

Kenali dirimu yang sebenarnya.

Jadilah versi terbaik dari dirimu.

+++

"I don't look good enough with this outfit."

"They supposed to know who I am."

"Why didn't they like my photos until now?"

"I don't think I belong here, I'm not welcomed enough."

"I'm nothing. She is much better than me."

On and on.

These thoughts often sourced from our insecurities. How many times it could happen in a day? Actually, when we feel that we are not good enough for something or when we are obsessed with a comparing mind, we are the one who is being disrespectful towards ourselves.

Insecurities can come at any time. Our best respond is to remind ourselves that, our ability, our value, and the meaning of our being, is NOT defined by other people or things outside of us.

It all starts from the inside. We have to be the first to value ourselves in order for us to understand what it means to value others. And when we value ourselves, everyday we learn to be a stronger individual, and before we realise it, we radiate from within, our value, and it leads other to value us too.

What does it look like to value ourselves?

For example: appreciate our feelings and thoughts. They don't exist to be compared with others to see which are better. Our feelings and thoughts are unique. Appreciate it.

2nd example: know ourselves well. Know our strength and weakness, accept it and keep developing ourselves instead of looking down at ourselves.

3rd example: choose things that will bring goodness into our lives. Appreciating something is about giving. Choose positive value and activities that will help us develop.

Face your insecurities.

Know who you really are.

Be the best version of yourself.

Search By Tags
Archive
bottom of page