top of page
Recent Posts

What Fear Really Means


"Takut."

Darimana kita belajar tentang "takut"? Kenapa kita yang begitu cerdas dan bisa belajar banyak sekali ilmu dan pengetahuan dari umur 1 bulan sampai kita dewasa, tanpa belajar, bisa tahu dan merasakan dan mengalami "takut"?

Takut salah. Takut malu. Takut gagal. Takut ditolak. Takut berpendapat. Takut bicara yang sebenarnya. Takut dimarahi. Takut dikhianati. Takut kecewa. Takut ini dan itu. Banyak sekali! Dan selalu ada alasan mengapa rasa takut itu muncul.

Kabar baiknya, kalau kita mengerti apa rasa takut itu sebenarnya, kita bisa mengendalikan dampaknya pada diri kita.

Saat rasa takut muncul, kita perlu belajar lebih dewasa dalam menyingkapinya dengan bertanya ke diri sendiri, "Kenapa saya merasa takut untuk melakukan hal ini?" Kalau kamu merasa takut melakukannya karena hal tersebut dapat berdampak buruk bagimu dan orang lain, misalnya seks bebas, memakai narkoba, selingkuh, dan sebagainya, tentu rasa takut itu akan menjadi pelindung yang baik. Artinya rasa takut itu adalah sebuah batasan. Tapi kalau kamu merasa takut melakukan sesuatu padahal hal tersebut dapat membuatmu berkembang, misalnya bicara depan umum, mencoba hal yang baru, pindah ke kantor baru, dan sebagainya, maka kamu akan mengerti bahwa rasa takut itu harus kamu hadapi dan lewati, dan tidak membiarkan rasa takut itu membatasi dirimu untuk berkembang.

Dan satu hal lagi, kita semua punya mimpi. Saat kita mengejar mimpi kita dan merasa takut, artinya ada sesuatu yang besar, di sisi lain kita, yang ingin kita gapai. Seorang bernama George Addair mengatakan suatu hal yang akan membantu kita menyadari dan bahkan memberikan kita motivasi untuk menghadapi rasa takut itu. Ia berkata:

“Everything you’ve ever wanted is on the other side of fear.”

Ingatlah selalu kalau rasa takut itu sesuatu yang natural dan terjadi pada semua orang. Tapi mari belajar untuk tidak dikendalikan olehnya, melainkan mengendalikannya dengan baik.

+++

"Afraid of."

Where do we learn to be afraid of something? Why do we - smart creatures who can learn so many skills and knowledge from we were just one month old until we grow old - without any more education, can experience "fear"?

Afraid of making mistakes. Afraid to be embarrassed. Afraid to fail. Afraid to be rejected. Afraid to say what we think. Afraid to tell the truth. Afraid to make someone angry. Afraid of being disappointed. We are afraid of this and that to happen. So many of them! And there's always a reason for the fear we feel.

The good news is, if we understand what fear really means, we can control the impact it has on us.

Whenever fear appears, we need to learn to be more mature in dealing with it by asking ourselves, "Why do I feel afraid to do this?" If you are afraid to do it because it will bring negative impact on you or other people, for example, free sex, using drugs, cheating, and many more, of course the fear will be a good protector for you. It means, the fear functions as a limitation. But if you feel afraid to do something though it could help you to grow, for example, learn to speak in public, try new things, move to the new office, and many more, then you'll understand that you have to deal with it, and so it will not limiting you from developing yourself.

And one more thing, we all have a dream. When we pursue our dreams and sometimes we feel afraid, it means there is something big and precious on the other side that we want to achieve. Someone named George Addair said a statement that will help us realize and even motivate us to deal with that fear. He said:

“Everything you’ve ever wanted is on the other side of fear.”

Remember that fear naturally happens to us and all other people. But let's learn not to be controlled by it, but to control it well.

Search By Tags
Archive
bottom of page