top of page
Recent Posts

S T R A T E G I


Kita sudah tiba di minggu ke-3 bulan Januari. Siapa sangka waktu berjalan dengan sangat cepat dan kita sudah hampir masuk ke bulan ke-2 di tahun ini? Seiring dengan berjalannya waktu, seharusnya hal-hal yang menjadi resolusi kita tahun ini sudah dimulai ataupun sudah dalam proses. Tapi, supaya prosesnya berjalan dengan baik sampai bisa kita wujudkan, kita perlu punya startegi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan kalau strategi itu adalah ‘rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus’. Dari pengertian ini, sebenarnya kita bisa belajar 2 hal tentang strategi.

1. RENCANA YANG CERMAT

Supaya resolusi kita bisa terwujud di akhir tahun atau bahkan lebih cepat dari yang kita pikirkan, kita perlu menyusun rencana yang cermat. Berbeda dari rencana ‘biasa’, rencana yang cermat itu memiliki lebih banyak detail dan dipersiapkan dengan baik. Misalnya:

  • Tuliskan atau tentukan secara jelas langkah-langkah yang akan kita ambil menuju resolusi tersebut.

  • Susun prioritas: bedakan hal yang terpenting dan hal yang masih bisa ditunda.

  • Buat timeline tertentu sehingga waktu yang digunakan tetap efektif.

  • Tetapkan sebuah agenda untuk evaluasi diri, sehingga kita bisa memantau perkembangan kita dan lain-lain.

Rencana yang cermat bagi masing-masing orang itu unik dan berbeda. Maka itu, jadilah diri sendiri, karena kita yang paling tahu rencana yang cocok untuk kepribadian dan kebutuhan kita. Ambil waktu luang, seperti di akhir minggu untuk membuat rencana ini. Rencana kita akan berpengaruh besar dengan hasil yang mau kita lihat nanti.

2. SASARAN KHUSUS

Semua resolusi itu pada umumnya baik. Tapi baik saja tidak cukup. Kita harus punya resolusi yang khusus, artinya resolusi yang lebih jelas dan spesifik, supaya kita tidak sekedar melakukan hal-hal yang baik tapi tanpa sasaran. Misalnya, jika tahun ini kita mau punya pola hidup yang lebih sehat, kita perlu tahu ‘sehat’ seperti apa yang kita mimpikan. Jika kita mau lebih rajin, kita perlu tentukan ‘rajin’ seperti apa yang kita maksud. Jika kita mau lebih dekat dengan orangtua, kita perlu pikirkan ‘dekat’ seperti apa yang kita bayangkan. Jika kita ingin punya pekerjaan yang lebih baik, kita harus artikan ‘lebih baik’ itu seperti apa? Tempat yang bisa membuat kita berkembangkah? Tempat yang fasilitasnya lebih lengkapkah? Dan sebagainya.

Jika kita menentukan resolusi (sasaran) secara khusus, akan memudahkan kita dalam prosesnya. Sasaran yang khusus itu membantu kita tetap on the track, sampai kita sampai di tujuan kita.

Jadi, bagaimanakah perkembangan resolusi kalian sampai saat ini? Cobalah susun rencana yang cermat dan tentukan sasaran yang khusus. Mari kita lihat bersama dampaknya di beberapa bulan ke depan! Semangat!

+++

We almost arrive in the third week of January. Who could have thought that time went so fast and we're almost entering the second month of the year? As time goes by, our resolutions should have started or maybe in the process. But, for the process to run smoothly, we need to build a strategy.

Kamus Besar Bahasa Indonesia defines strategy as 'a clever plan about the activities to achieve certain purpose'. From this definition, we actually can learn 2 things about strategy.

1. A CLEVER PLAN

Resolutions can be achieved in the end of this year or even faster than we thought if we have a clever plan. Different with an 'ordinary' plan, a clever plan has more details and is prepared well. For example:

  • Write down or decide with clarity the steps we are going to take towards the resolutions.

  • Manage priorities: differentiate the things that are most important and the things that can wait.

  • Make a certain timeline so you can use time effectively.

  • Set a date to evaluate yourself, so you can see how far you've growth and, many more.

A clever plan for each person is unique and differ from one another. So, be yourself because you know what's best for your personality and needs. Take some free time, such as in weekend, to make your plan. Our plan will impact our results.

2. A CERTAIN PURPOSE

Every resolution is commonly good. But good is not enough. We need to have a certain purpose, which means, a more specific resolutions, so we won't only do good things without any purpose. For example, if we hope to have a healthier lifestyle, we need to define what kind of 'healthier' that we desire. If we hope to be more diligent, we need to define what kind of 'diligent' that we thought of. If we hope to be closer with our parents, we need to define what 'closer' mean for us. If we hope to have a better job, we have to define what 'better' truly means. Is it a place that could help us grow? Is it a place with better facilities? So on.

If we define a certain purpose, it will help us in the process. A certain purpose helps us to stay on the track until we arrive at our destination.

So, how your resolutions have developed so far? Try to make a clever plan and decide a certain purpose. Let's see how this will lead us to the upcoming months! Give it your best!

Search By Tags
Archive
bottom of page