top of page
Recent Posts

Love Yourself & Love Others


Akhirnya hari Valentine tiba. Hari yang mungkin ditunggu-tunggu oleh banyak orang untuk dirayakan bersama teman dekat atau kekasihnya, bahkan dirayakan di seluruh dunia. Meskipun ada juga yang masih single dan merasa kasihan terhadap diri sendiri karena belum memiliki pasangan.

Tapi sebenarnya, punya pasangan atau tidak, tidak menentukan kita punya kasih sayang atau tidak. Patah hati atau sedang bahagia, tidak menentukan kita punya kasih sayang atau tidak. Merayakan Valentine bersama kekasih atau tidak, tidak menentukan kebahagiaan kita.

Valentine bertujuan untuk merayakan KASIH.

Oleh karena itu, kita bisa merayakan Valentine dengan siapa saja, bahkan dengan keluarga dan sahabat, karena kasih sayang adalah sesuatu yang esensial yang kita SEMUA miliki. Kasih sayang sudah menjadi bagian yang esensial dari diri kita, ada di semua area dan hubungan yang kita miliki. Dan salah satu yang terpenting yang tidak boleh kita lupakan adalah hubungan kita dengan diri sendiri. Karena jika kita berusaha mengasihi orang lain tanpa mengasihi diri kita sendiri, pada akhirnya dalam hubungan kita, kita akan menjadi orang yang suka menuntut, haus akan perhatian, dan tidak maksimal dalam mengasihi orang lain.

Kita mengasihi diri sendiri jika kita menghargai pemikiran dan pendapat kita.

Jika kita tahu potensi kita dan mau mengembangkannya.

Jika kita bisa melihat keunikan kita dan merayakannya, bukan menjelek-jelekkan diri sendiri.

Jika kita merasa percaya diri karena apa yang kita miliki, bukan karena apa yang orang lain tidak miliki.

Jika kita memberikan diri kita hal-hal yang positif dan membangun.

Jika kita tidak berambisi menjadi sempurna tapi menjadi diri sendiri.

Dan sebagainya,

Saat kita memperlakukan diri sendiri dengan cara seperti di atas ini, akan lebih mudah bagi kita untuk mengasihi orang lain. Karena inti daripada kasih sayang adalah memberi, bukan mengambil.

Mari kita bersama-sama belajar agar bisa lebih baik lagi dalam mengasihi diri sendiri dan juga mengasihi orang lain. HAPPY VALENTINE!

+++

Finally the awaited Valentine day is here. The day which so many people have been waiting for to be spent with their close friend or lover, is celebrated by people around the world. Though the singles might feels sorry for themselves because they have not yet found their girlfriend or boyfriend yet.

But actually, whether we have a lover or not, doesn’t mean that we have no love. Whether we are currently brokenhearted or feeling wonderful, doesn’t mean we have no love. Whether we celebrate Valentine or not, doesn’t define our happiness.

Valentine is meant to celebrate LOVE.

That is why, we can celebrate Valentine with anyone, including our family and friends, because love is something that WE ALL have. Love has become an essential part of us, and it is present in all areas and all our relationships. And one thing that is very important that we should never forget is, the relationship we have with ourselves. Because if we are trying to love others without loving ourselves, we might become a demanding person, being thirst of attention, and not able to love other people in our highest potential.

We love ourselves if we value our thoughts and opinion.

If we know our potentials and choose to develop it.

If we can see our uniqueness and celebrate it instead of putting negative labels on ourselves.

If we feel confident with everything we have, not because what others don’t have.

If we feed ourselves with positive things that will build us.

If we are not aiming to be perfect but to be original and authentic.

And many more.

When we treat ourselves like that, it will be easier for us to love others sincerely. Because the essence of love is to give, not to take.

Let’s learn together to be better in loving ourselves and other people. HAPPY VALENTINE!

Search By Tags
Archive
bottom of page