top of page
Recent Posts

In Harmony


Perbandingan sering kita gunakan untuk menilai hidup kita.

Kurang kreatif…

kalau dibandingkan dengan karyanya.

Kurang menarik…

kalau dibandingkan dengan pengalamannya.

Kurang indah…

kalau dibandingkan dengan liburannya.

Kurang banyak…

kalau dibandingkan dengan pencapaiannya.

Kurang sukses…

kalau dibandingkan dengan usahanya.

Dan seterusnya.

Pemikiran seperti ini pun semakin menjadi-jadi karena semakin besarnya jangkauan media sosial, di mana kita diperhadapkan dengan dunia orang lain yang kita kenal atau tidak, teman-teman kita atau bukan. Jika kita terus membiarkan hal ini terjadi di dalam diri kita, lama-lama gambar diri kita sendiri yang akan rusak, dan celakanya - tanpa kita sadari!

Teman-teman mengenal istilah harmoni, bukan? Istilah ini erat kaitannya dengan musik. Harmoni dapat terdengar saat semua komponen yang ada dalam sebuah lagu ataupun musik berpadu menghasilkan bunyi yang indah. Bunyi yang selaras, seimbang, dan serasi. Jika tidak selaras, pasti terdengar menjanggal. Jika tidak seimbang, pasti terdengar seperti ada yang kurang pas. Jika tidak serasi, pasti akan saling bertabrakan.

Sama halnya juga dengan hidup kita, kita perlu mengusahakan agar hidup kita bisa menjadi sebuah harmoni.

Hidup yang selaras, seimbang, dan serasi.

Hidup yang mengenal porsinya dengan baik dalam segala area seperti gaya hidup, studi, pekerjaan, dan hubungan.

Hidup yang menerima, tetapi juga memberikan sesuatu bagi orang lain.

Hidup yang ada pembelajaran, tetapi juga mengajarkan orang lain.

Hidup yang ada bekerja atau menghasilkan sesuatu, tetapi juga memiliki istirahat atau liburan yang baik.

Bagi setiap orang, harmoni itu tidak sama satu sama lain, karena masing-masing orang adalah pribadi yang unik. Oleh karena itu, perbandingan tidak bisa kita gunakan untuk menilai diri sendiri. Jika kita ingin melihat kondisi hidup kita saat ini, lihatlah ke hidup kita sendiri, ke aktifitas yang kita lakukan, ke kebiasaan-kebiasaan yang kita miliki, ke segala komponen yang ada di dalam hidup kita.

Jika kita melihat hal-hal di hidup kita saling selaras, seimbang, dan serasi, maka kita tahu bahwa hidup kita ada dalam kondisi yang harmoni. Sebaliknya, jika kita melihat hal-hal di hidup kita saling bertentangan, tidak seimbang, dan ada yang membuat kita tidak berkembang, maka kita tahu bahwa kita harus mengatur ulang komponen di hidup kita.

Kita sendiri yang bertanggung jawab dan bisa mengusahakan harmoni di dalam hidup kita.

Mari lakukan yang terbaik!

+++

Comparison is often our most used tool to measure our life.

Not creative enough… compared to his work.

Not interesting enough… compared to their experiences.

Not beautiful enough… compared to her holidays.

Not good enough… compared to his achievements.

Not successful enough… compared to their business.

On and on.

These thoughts will only grow even more due to social media’s coverage nowadays, where we were forced to witness other people’s world, whether we know them or not, whether they are our friends or strangers. If we let this go on inside us, we will only ruin our own self-image, and what’s worse is - we may be doing it without even realising!

Friends, we believe you know the term ‘harmony’. This term is closely related with music. Harmony is produced when all components in a song or musical piece are working together to create a beautiful sound. Sound that is in accordance, in balance, and in agreement. If it isn’t in accordance, it would somehow sounds odd. If it isn’t in balance, it would somehow felt strange. If it isn’t in agreement, it would collide into each other.

Same things happen in our life, and we need to make an effort to create the harmony.

Life that is in accordance, in balance, and in agreement.

Life that knows its portion in all areas such as lifestyle, study, work, and relationships.

Life that receives, but also give to others.

Life that learns, but also teach others.

Life that works or create something, but also have a good rest or holiday.

For each of us, the harmony might not be the same, because we are all unique. Therefore, comparison can’t be used to measure our life. If we want to measure our life, look at our own life, look at our own activities, look at our own habits, look at the components that shape our life.

If we see that things are in accordance, in balance, and in agreement, then we know that we are living a life of harmony. On the other side, if we see that things are in conflict, imbalance, and even there are things that stop us from growing, then we know that we have to rearrange the components in our life.

We are responsible for our life to be in harmony.

So let’s do our best!

Search By Tags
Archive
bottom of page