top of page
Recent Posts

Forgive, Take A Step, Contribute


Setiap orang punya cerita.

Bagian yang pasti selalu ada di sebuah cerita adalah penyesalan.

Penyesalan terjadi karena ada suatu hal yang terjadi tapi tidak bisa kita ubah, ada hal yang kita HARAP, tidak pernah terjadi. Kita tidak begitu suka dengan topik ini karena mungkin kita sendiri jadi teringat akan sesuatu yang kita sesali.

Tetapi, penyesalan perlu diselesaikan, dan topik ini menjadi bagian dari blog bulan ini di tema kita tentang cita-cita. Kenapa? Karena kita tidak boleh membiarkan apa yang kita sesali, menghambat apa yang bisa kita capai. Kita tidak boleh membiarkan masa lalu, merusak masa depan kita.

Sama seperti kita punya potensi untuk mencapai cita-cita, kita juga punya potensi untuk menyelesaikan penyesalan kita. Bagaimana caranya menyelesaikan penyesalan?

1. Maafkan diri sendiri dan orang lain

Ya, kita berbuat salah. Apa pernah yang kita lakukan tidak benar dan tidak kita sukai. Kita perlu menerima kenyataan itu, lalu maafkan diri sendiri dan maafkan orang lain yang terlibat di dalam hal itu. Memaafkan melepaskan kita dari segala penyesalan.

2. Tentukan langkahmu

Tubuh kita tahu bahwa untuk mencapai ke sebuah tempat, kita tidak berjalan mundur, tetapi maju. Penyesalan itu ada di belakang. Maka, kita tidak perlu ragu untuk melangkah ke depan dan membuat hal-hal yang baru; hal-hal yang lebih baik, lebih bermanfaat, dan lebih dewasa.

3. Berkontribusi bagi orang lain

Berkontribusi menjaga kita dari fokus ke diri sendiri saja. Saat kita memilih untuk berkontribusi, kita jadi sadar akan kebutuhan orang lain dan manfaat yang bisa kita bawa ke hidup mereka.

Apapun yang ada di belakang kita, bisa menjadi bahan belajar agar kita menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Hari ini, mari buat keputusan untuk memaafkan, buat keputusan untuk maju, dan buat keputusan untuk berkontribusi!

+++

Everyone has a story.

Something we can always find in a story is regrets.

We regret because there are some things that we can’t change; we wish some things never happened. We don’t really like this topic because it might remind us of our own regrets.

But, regret needs to be resolved, and this topic becomes a part of our blog though our theme this month is dreams. Why? Because we can’t let what we regret stops us from what we can achieve. We can’t let the past ruin the future.

Just like we have the potential to achieve our dreams, we also have the potential to resolve our regrets. So how do we do it?

1. Forgive ourselves and other people

Yes, we made mistakes. What we did wasn’t right and we are not proud of it. We need to accept this truth then forgive ourselves and other people who are involved in it. Forgiveness frees us from regrets.

2. Take a step

Our body knows that to arrive at our destination, we don’t walk backwards, we take a step forward. Regrets are behind us. So, don’t hesitate to take a step forward and do new things; better things, more positive things, and more mature.

3. Contribute

When we focus to contribute, it saves us from focusing only to ourselves. If we choose to contribute, we will see other’s needs and the help we can bring into their lives.

Whatever is behind us, can help us to learn to be better than before. Today, make a decision to forgive, make a decision to take a step forward, and make a decision to contribute!

Search By Tags
Archive
bottom of page