top of page
Recent Posts

Relationship


Kita adalah pengelola waktu dan talenta. Dua kekayaan ini jika kita tajamkan, akan membantu kita untuk berkarya lebih banyak lagi dan meningkatkan kualitas hidup kita.

Akan tetapi, ada kekayaan yang justru menajamkan kita dan bisa membuat kita menjadi orang-orang yang lebih baik, yaitu: hubungan.

Sadar atau tidak, hubungan yang kita miliki adalah yang membawa kita ke tempat kita berada saat ini. Dalam sebuah hubungan, kita saling menginspirasi atau memotivasi. Kita bisa saling membangun atau bahkan menjatuhkan. Kita saling belajar dan bermain. Pada intinya, di dalam sebuah hubungan, kita saling mempengaruhi.

Oleh karena itu, kita harus mengelola hubungan yang kita miliki dengan baik, karena siapa yang paling dekat dengan kita memiliki pengaruh yang terbesar. Ini bukan berarti kita harus menjadi eksklusif dan hanya mau berteman dengan orang-orang tertentu, tetapi, saat kita membuka diri dan berteman dengan banyak orang, kita harus memilih siapa yang paling dekat dengan kita, siapa yang pengaruhnya besar dalam hidup kita.

Setelah itu, belajar merawat hubungan itu dengan baik, seperti:

1. Belajar komunikasi dengan baik (mendengar dengan teliti, berbicara dengan tulus)

2. Peka dan mau peduli dengan apa yang terjadi di hidup orang lain

3. Bawa pengaruh yang positif, jangan selalu fokus dengan apa yang bisa kamu dapatkan dari orang lain

4. Jadi dirimu apa adanya dan pada saat yang sama mengerti dan menerima orang lain apa adanya

5. Bagi waktu dengan baik antara keluarga, teman, pekerjaan, hobi, dan hal lain di hidupmu

6. Saling menghargai dan mengapresiasi

7. Belajar mengakui kesalahan dan saling memaafkan

Sama seperti mengelola waktu dan talenta, mengelola hubungan perlu usaha. Tapi jika kita terus setia melakukannya dengan motivasi yang benar dan baik, kita akan menikmati hubungan yang kita punya, dan hubungan itu akan membantu kita bertumbuh lebih dewasa, memperluas wawasan, dan memperdalam empati.

+++

We are managers of time and talents. As we keep on sharpening these two resources, we will be able to create more things and improve the quality of our life.

Meanwhile, there is a resource we have that will actually sharpen us to become a better person, which is: relationship.

Whether we realise it or not, the relationships in our life are the one that brought us to where we are today. In every relationship, we are inspiring and motivating each other. We may be building or tearing each other apart. We learn and play together too. The point is, in every relationship, we influence each other.

Therefore, it is very important to manage our relationships, because those who are closest to us have the biggest impact on us. It doesn't mean that we should be exclusive and only make friends with certain people, but as we open ourselves to meet many people, we have to choose those who will be the closest to us; the people who will have biggest impact to our lives.

And the next step, learn to nurture the relationship well, for example:

1. Learn to communicate well (listen intentionally, speak kindly)

2. Be aware and care more about what happen in other people's life

3. Bring positive impacts, don't just focusing on what you can get from others

4. Be yourself and at the same time learn to understand and accept others for who they really are

5. Manage your time well between family, friends, works, hobby, and other things in your life

6. Respect and appreciate each other

7. Learn to admit your mistakes and forgive each other

Just like managing time and talents, we need effort in managing our relationships. But if we are being faithful and doing it with the right and good intention, we will be able to enjoy the relationships we have and in return it will help us to mature, expand our knowledge, and deepen our emphaty.

Search By Tags
Archive
bottom of page