top of page
Recent Posts

"I am..."


"Aku adalah orang yang __________."

Dalam waktu-waktu tertentu, kata-kata ini muncul dalam pikiran kita, Kata-kata ini mewakili pemahaman dan apa yang kita percaya tentang diri kita sendiri. Jika berisi kata-kata yang positif, tentunya akan positif juga dampaknya buat kita, namun, jika berisi kata-kata yang negatif, dampaknya bisa negatif buat kita.

Kita harus belajar menyaring hal-hal yang kita katakan pada diri sendiri, dan harus kita lakukan secara sadar. Salah satu penghalang seseorang untuk maju dan berkembang adalah pemahaman yang salah tentang diri sendiri atau tanpa sadar bertumbuh dengan pemahaman yang tidak berubah ke arah positif.

Misalnya, kita bisa berpikir, "Aku orang yang pemarah," "Aku orang yang sensitif," "Aku orang yang pemalu," dan lain sebagainya. Ada juga orang yang mengenal dirinya dengan sikap yang positif seperti orang yang setia, murah hati, pemaaf, dan lain sebagainya.

Segala sesuatu yang negatif sekalipun di mata kita, jika kita memberikan respon yang benar, hal itu akan menjadi keuntungan buat kita. Saat pikiran seperti di atas ini muncul, kita dapat memutar balikan keadaan, dari sebuah penilaian terhadap diri sendiri, berubah ke arah pertumbuhan yang benar.

Caranya sangat mudah! :)

Saat "Aku orang yang pemarah," muncul, kita arahkan menjadi,

"Aku orang yang pemarah, akan tetapi, aku mau belajar jadi lebih sabar."

Saat "Aku orang yang sensitif," muncul, kita arahkan menjadi,

"Aku orang yang sensitif, akan tetapi, aku mau belajar mengembangkan pengertian yang benar, membedakan mana yang penting untuk dimasukkan ke dalam hati, mana yang tidak."

Saat "Aku orang yang pemalu," muncul, kita arahkan menjadi,

"Aku orang yang pemalu, akan tetapi, aku mau belajar jadi lebih percaya diri dan lebih berani."

Dengan cara ini, kita tidak menyangkal diri kita saat ini, tapi menerima diri dengan baik dan mengarah pada perubahan. Apa yang kita pikirkan, akan dihasilkan dengan perbuatan kita. Dengan pemikiran yang baru, kita bisa menghasilkan banyak perubahan, dan meskipun prosesnya selalu harus dilakukan dengan konsisten, selalu nikmati prosesmu dalam berkembang :)

+++

"I am __________."

At certain times, these words may appear in our mind. It's reflecting our understanding and what we believe about ourselves. If it says some positive words, it will have positive impact, however, if it says negative words, it may have negative impact.

We need to discern the things we say about ourselves and we need to do it consciously. One of the obstacle for someone who is in the process of self development is the wrong understanding about oneself or unconsciously letting the same pattern of understanding grows in the opposite direction of positive changes.

For example, we may have thoughts like, "I am an emotional person," "I'm sensitive," "I'm a shy person," and others. Some people also know themselves from the point of view of their positive traits, such as faithful, generous, merciful, and many more.

All things, including the negative, will help us to grow if we give the right response. When thoughts like above appear, we can turn the table around, from our own self awareness, move into the direction of healthy self-growth.

It's simple to do! :)

When, "I'm an emotional person," appears, we direct it to,

"I'm an emotional person, however, I'll learn to be more patience."

When, "I'm sensitive," appears, we direct it to,

"I'm sensitive, however, I'll learn to understand things deeper, to discern which things are important enough to be kept, and which ones are not."

When, "I'm a shy person," appears, we direct it to,

"I'm a shy person, however, I'll learn how to be more confident and brave."

It doesn't make us deny our current state, but enabling us to accept ourselves and move toward changes. Our thoughts will become our behavior and the things we do. With a renewed mindset, we can make so many changes, and though the process requires us to be consistent, learn to enjoy the process of your self-growth! : )

Search By Tags
Archive
bottom of page