top of page
Recent Posts

Change that Doesn't Exist


Murid di sekolah kami datang dari berbagai latar belakang, masing-masing dari mereka memiliki kekuatan dan kelemahannya. Kekuatan yang dimaksud adalah potensi/bakat, pengetahuan, dan kemampuan. Mengelola kekuatan ini, kami mengarahkan supaya mereka bisa terus mengembangkan kekuatan mereka agar berkembang menjadi sesuatu yang lebih besar lagi, dari sesuatu yang tidak kelihatan (potensi), menjadi hal-hal yang bisa dilihat yaitu karya.

Tantangan saat mereka belum tahu potensinya adalah membuat mereka melihat potensi itu. Tantangan saat mereka sudah tahu potensinya tetapi belum dimaksimalkan adalah mendorong mereka untuk terus berkarya. Tapi, tantangan lain yang banyak dihadapi para murid dan seringkali menghalau fokus mereka terhadap kekuatan yang dimiliki adalah untuk menghadapi kelemahan yang mereka miliki.

Banyak yang mau maju dan berubah jadi lebih baik, misalnya yang pemalu, ingin jadi lebih berani; yang emosional, mau belajar lebih sabar; yang kurang sensitif, belajar untuk lebih mengerti orang lain; yang pembawaannya kaku, ingin jadi lebih ramah; dan masih banyak lagi. Salah satu cara untuk menghadapi kelemahan adalah dengan terus mengembangkan diri di area kekuatan sehingga kekuatan itu pada akhirnya melampaui kelemahan itu.

Mengembangkan diri berbicara tentang sebuah perubahan. Hal yang harus senantiasa kita ingat mengenai mengembangkan diri dan perubahan adalah, kita sering punya pola pikir yang salah tentang perubahan itu sendiri. Kita sering menyerah untuk berubah jadi lebih baik karena pola pikir yang salah ini: pola pikir bahwa perubahan itu instan, sebab, tidak ada perubahan yang instan.

Gagal sekali bukan berarti tidak bisa. Gagal ribuan kali bukan berarti tidak ada kemajuan. Gagal melakukan sesuatu bukan menjadi masalah, masalahnya adalah jika kita menyerah untuk tetap mencoba dan berusaha. Kalau kita mengerti bahwa perubahan itu perlu waktu, kesabaran, dan kerajinan, kita bisa mengerti cara menghadapi kegagalan dan tetap berjalan maju sampai pada perubahan yang kita mau.

Sikap atau kebiasaan buruk apa yang ingin kamu rubah dari dirimu?

Rasa malas? Kecerobohan? Amarah yang berlebihan? Pola pikir yang negatif? Ingin lebih percaya diri? Ingin punya gambar diri yang sehat? Ingin lebih berkomitmen?

Berubah itu bisa. Identifikasi secara spesifik dan ambil waktu dan terus berusaha, mengerti bahwa berubah perlu proses, dan bukan sesuatu yang terjadi secara instan.

Never give up!

+++

Our students come with different background and each of them have strength and weakness. The strength we are talking about is potential/talents, knowledge, and skills. To manage strength, we lead them to keep on developing it so it will grow into something bigger, from something that is unseen (potential), into something that can be seen, which is creation.

The challenge when they were clueless about their potential is to help them see their potentials. The challenge when they already know their potential but not yet developed is to encourage them to keep on creating something. However, the challenge that often distracts them from their strength is when they have to face their weakness.

Many want to grow and become better person, for example, those who are shy, want to be more brave; those who are emotional, want to be more patience; those who lacks sensitivity, learn to understand other people; those who are stiff, want to be more kind; and many more. One of the way to face weakness is to keep on improving on the area of strength until that strength overcome the area of weakness.

Developing ourselves relate with change. The one thing we need to remember about developing ourselves and change is that we often have the wrong perspective about change itself. We often give up to be a better person because of this wrong perspective: that change is instant, because instant change is the only change that doesn't exist.

To be fail for once doesn't mean we can't change. To be fail a thousand time doesn't mean that there is no progress. To fail when doing something is not the problem, the problem is if we give up to try and do something. If only we understand that change needs time, patience, and diligence, we will be able to face failures and keep on moving toward the change we want to achieve.

What are the behavior or any bad habits you want to change?

Laziness? Carelessness? Out of control anger? Negative thoughts pattern? To be more confident? A healthy self image? To be more committed?

Change is possible. Identify it and realize that you need time and effort, and understand that change needs process and it doesn't happen instantly.

Never give up!

Search By Tags
Archive
bottom of page