top of page
Recent Posts

The Words We Say


Ribuan bahkan jutaan kata-kata kita ucapkan sepanjang hidup kita. Perkataan kita terdengar oleh diri sendiri, orang yang tidak kenal maupun kita kenal, dan bahkan kita tidak bisa membayangkan seberapa jauhnya kata-kata yang kita ucapkan telah terdengar, atau pun masuk ke pikiran dan perasaan.

Kata-kata adalah salah satu contoh hal kecil, sangat kecil bahkan, namun bisa membuat perubahan yang besar. Satu kata terkecil bisa terdiri dengan 3 huruf atau bahkan 2 huruf, namun punya dampak yang tidak terbayangkan. Dan karena ini pun, kata-kata yang kita ucapkan sangatlah penting.

Perkataan bisa jujur, atau memanipulasi orang lain.

Perkataan bisa menghibur orang lain, atau bisa menyakiti.

Perkataan bisa membangun orang lain, atau menjatuhkan.

Perkataan bisa menimbulkan rasa sayang, atau memicu rasa benci.

Perkataan bisa memberikan solusi, atau pun mengadu domba beberapa pihak.

Perkataan bisa memberi kelegaan pada perasaan seseorang, atau bisa menekan perasaannya.

Pengertian akan dampak dan alasan kita hendak berkata-kata sesuatu sebelum benar-benar terucap, tidak terjadi dengan sendirinya. Kita perlu dengan sabar dan tekun belajar mengendalikan diri dan mengerti diri sendiri untuk memutuskan perkataan yang tepat yang bisa kita pilih. Mengatakan hal yang tepat membutuhkan kedewasaan yang jauh lebih besar daripada mengatakan hal yang kita mau saja.

Mari berusaha untuk melatih diri setiap harinya, agar kata-kata yang kita ucapkan, akan menjadi hal yang bermanfaat saat didengar.

+++

Thousands and even millions of words are spoken during our lifetime. Those words are heard by ourselves, other people – the ones we know or not – and actually, we could never imagine how far those words can travel to minds and hearts.

Words are just an example of little things, but have the capability to create big changes. One word may only contain 3 or even 2 alphabets, but the impact is unimaginable. Because of this, the words we say are truly important.

Words can be truthful, or manipulative.

Words can comfort others, or hurtful to them.

Words can build others, or break them.

Words can develop feelings of love, or hate.

Words can offer solutions, or invite wars.

Words can soothe feelings, or depress someone.

The understanding the impact of our words before we say them doesn’t happen instantly. We need to be patience and diligent enough to learn self-control and understand ourselves to finally choose the right words. Saying the right words needs much more maturity than saying the words we want to say.

Let’s learn to manage ourselves better each and every day, so that the words we say will be a useful one when they are heard by others.

Search By Tags
Archive
bottom of page