top of page
Recent Posts

Mempunyai dan Memberi


Mendapatkan sesuatu itu menyenangkan.

Mendapatkan hadiah di saat ulang tahun.

Mendapatkan pujian saat melakukan sesuatu.

Mendapatkan perhatian orang lain.

Mendapatkan promosi pekerjaan.

Mendapatkan peringkat pertama di sekolah.

Mendapatkan koleksi baju-baju baru.

Banyak hal lagi yang bisa jadi pelengkap daftar yang telah saya buat ini.

Oleh karena usaha sendiri ataupun karena keinginan si pemberi, mendapat sesuatu rasanya itu menyenangkan.

Saat hidup kita masih ada di tahap menjadi seorang penikmat atau penerima, kita belum sepenuhnya mengalami kebahagiaan yang lebih besar dalam hidup, karena kita akan merasa lebih bahagia lagi, saat kita memberikan sesuatu kepada orang lain. Tentunya, kita juga tidak bisa memberikan sesuatu yang tidak kita punya. Dari segi materi, memberikan sesuatu mungkin sering dikaitkan tentang sesuatu benda yang punya nilai atau nominal tertentu. Namun, kepunyaan kita itu tidak selalu bergantung pada benda atau uang atau harta yang bisa dilihat oleh kasat mata.

Apa saja yang bisa kita berikan kepada orang lain? Apa yang kita punyai yang tidak bisa dilihat secara langsung oleh mata jasmani? Berikut beberapa contohnya.

1. Waktu.

Waktu tidak ternilai. Waktu tidak bisa dikembalikan lagi. Karena dengan memberikan waktu kita yang berharga, kita sedang menyatakan bahwa orang yang kita berikan waktu kita, juga berharga.

2. Kesempatan.

Memberi kesempatan sama dengan memberi kepercayaan. Ada orang-orang di sekitar kita yang dapat bertumbuh kalau kita memberikan mereka kesempatan untuk melakukannya.

3. Kebaikan hati.

Berbaik hati adalah awal mula dari sikap yang baik kepada orang lain. Perbuatan kita diawali oleh kondisi hati kita. Pemberian ini bahkan bisa menular. Dengan berbaik hati; menolong orang lain, bersikap ramah, murah senyum, dan yang lainnya, kita pun bisa menularkan kebahagiaan dan bisa merubah hari orang lain menjadi lebih cerah.

4. Mendengar.

Dunia ini sibuk dan banyak orang ingin didengarkan. Berapa banyak post yang bisa kita lihat setiap hari di social media kita? Sama halnya dengan dunia nyata. Ada orang-orang di sekeliling kita, yang ingin didengarkan dan diperhatikan. Apakah kita selama ini sekedar tahu saja yang mereka ucapkan, ataukah kita bisa “mendengar” yang lebih dalam dari kata-kata yang mereka ucapkan?

5. Maaf.

Mungkin ini pemberian yang paling menantang dan tidak mudah untuk dilakukan. Tapi pemberian ini sebenarnya sangat unik karena saat kita memberikan maaf kepada orang lain, kita juga sebenarnya sedang berbaik hati kepada diri kita sendiri agar bisa merasakan kelegaan dan beban yang terangkat.

Menerima itu menyenangkan, tapi bisa memberikan sesuatu itu jauh lebih membahagiakan. Bahkan bukan sekedar perasaan “senang” yang sifatnya sementara, tapi pasti hati kita bisa lebih bahagia saat kita bisa membuat orang lain bahagia. Memberi membahagiakan diri sendiri dan orang yang menerimanya.

Mari kita lebih peka lagi terhadap sekeliling kita dan melihat kesempatan yang bisa kita isi untuk berkontribusi dengan pemberian kita! Have a generous day! ;)

+++

Having and Giving

Getting something makes us happy.

Getting presents for our birthday.

Getting compliments for what we’ve done.

Getting other people’s attention.

Getting job promotion.

Getting the first place at school.

Getting new pair of clothes.

There are still many things to complete the list I made. Through our own hard work or by other’s initiatives, getting something feels good.

When our lives are at the level of receiver, we are yet to experience the greater joy that we could have in life, because we will be even more satisfied when we become givers. Of course, we can’t give what we don’t have. Giving tends to be identified with the material resources we that have, such as money, things, or other kind of countable treasury. However, what we have isn’t always seen with our naked eyes.

What can we give to others? What are the unseen treasures do we have? Here are some examples.

1. Time.

Time is priceless. Nobody can turn back time. Giving our precious time to someone or something simply means that the person is also precious.

2. Chance.

Giving chance is the same as giving trust. There are people out there who will grow if we are willing to give them the chance for it.

3. Kindness.

A kind heart is the beginning of act of kindness. Everything we do starts from our heart. This type of gift is contagious. Being kind; helping others, being friendly, giving our best smile, and many more, will enable the joy to spread to others and make their days brighter.

4. Heart that listens.

The world is busy and many people want to be heard. How many posts do we see daily on our social media? It happens in real life too. People around us want to be cared for and listened to. Have we been living only knowing about what they are saying or can we “listen” to deeper things that they mean more than the words they say?

5. Forgiveness.

This could be the most challenging gift and not easy to be done. But forgiveness is very unique because when we forgive, we are being graceful to ourselves so we could feel the relief because we take the burden off from ourselves.

Getting something feels good, but giving something feels much more satisfying. It doesn’t just make us feel “happy” – which usually only last for a moment, but we will experience joy when we care about giving joy to others. Giving - will create joy for ourselves and other people.

Let’s be aware of what’s happening around us so we can see the chance to contribute with what we can give. Have a generous day! ;)

Search By Tags
Archive
bottom of page