top of page
Recent Posts

A Better Choice


Setiap hari, hampir setiap waktu, dan pada setiap kesempatan, kita selalu membuat pilihan. Dari hal yang mudah, sampai pada hal yang sulit untuk dihadapi, kita selalu diperhadapkan dengan pilihan, sadar ataupun tidak. Jika ingin lebih mengerti apa yang sebenarnya kita inginkan, salah satu cara yang bisa kita pakai adalah melihat dan merenungkan kembali pilihan-pilihan yang pernah kita buat selama ini. Apakah yang menjadi kecenderungan kita saat membuat pilihan? Apa dampak dari pilihan itu? Apa yang terjadi setelah kita memilih? Dan jika pilihan itu pernah menjadi pilihan yang salah, apa yang kita lakukan setelah itu? Apakah kita terus mengulang kesalahan dalam memilih, ataukah kita belajar daripadanya?

Keputusan-keputusan yang kita buat turut membentuk kedewasaan diri. Orang yang dewasa mampu membedakan mana hal yang diperlukan, atau mana yang hanya keinginan belaka. Orang yang dewasa membuat keputusan yang tidak hanya menguntungkan diri sendiri, tapi juga memikirkan kepentingan orang lain. Orang yang dewasa mengerti dampak dari pilihan yang ia buat, dan seterusnya. Yang terpenting dalam membuat suatu pilihan bukanlah menjadi sempurna dan tidak pernah salah memilih, tetapi bagaimana seseorang terus mau belajar untuk memilih dengan bijaksana.

Terkadang, kita juga harus mengembangkan kecerdikan dalam memilih. Contohnya, barang-barang yang kita gunakan setiap hari pasti akan lewat masanya bukan? Saat barang yang baru muncul, sering membuat kita terbuai untuk memilikinya. Tetapi tidak semua barang yang baru itu lebih baik daripada yang sudah kita miliki. Atau ada kalanya juga kita harus membuka diri kepada hal-hal yang baru dan melepaskan cara pikir yang lama. Pada intinya, kecerdikan dalam fungsinya yang positif, akan membantu kita untuk melihat pilihan yang benar, pada waktu yang tepat, dan untuk keadaan yang tepat.

Salah satu keunikan dari pilihan adalah, meskipun terkadang tampak tidak terjadi dalam suatu kerangka, tetapi sebuah pilihan akan mengarahkan kepada pilihan yang lain, dan kemudian pilihan yang lainnya.

Bijaksanalah saat membuat pilihan-pilihan dan teruslah belajar dalam prosesnya.

Every day, almost every time, and in every chance, we will always have to make a choice. From the most simple to the most complicated, we are faced with choices, whether we realize it or not. If we want to understand what we truly desire, one of many ways we can do is to look back and review the choices we have made. What’s our tendency when making a choice? What’s the effect of that choice? What happened after we chose? If it were a wrong decision, what did we do about it? Do we keep on repeating mistakes when making choices, or do we learn from it?

The choices we make will develop our maturity. Maturity means we know what we truly need instead of a mere wishful thinking. Maturity means we are not only able to choose what’s best for ourselves, but also for others. Maturity means we understand the effect of our choice, and so on. Most importantly, it is not about being perfect and never make a bad choice, but how we are still willing to learn to be wise in our choices.

Sometimes, we also need to develop cleverness in making choices. For example, things we use in a daily basis will one day worn out, right? When new things appear in front of us, it tempts us often to possess it. But new doesn’t always mean better. Or, there are times when we need to open ourselves to the new way of thinking and let go of our old ways of thinking. Eventually, cleverness in its positive meaning will help us to make the right choices, at the right time, and for the right situation.

What’s unique about choices is that though sometimes we don’t realize the big picture, but every choice will leads to another choices, and continuously to other choices.

Choose wisely and keep learning in the process.

Search By Tags
Archive
bottom of page