top of page
Recent Posts

What's Right?


Bertumbuh.

Sesuatu yang bertumbuh menandakan adanya kehidupan. Sesuatu yang bertumbuh membutuhkan ruang gerak. Di sekitar kita, pertumbuhan-pertumbuhan terjadi dalam diri orang lain dan pada saat yang sama, terjadi juga di dalam kita. Kita ingin memperbaiki diri dari tahun ke tahun, menjadi pribadi yang lebih baik. Akan tetapi, ada waktunya saat kita belum melihat perubahan terjadi dan pada saat kita melakukan kesalahan, hal itu terasa sulit. Pada saat itulah kita harus mengingat bahwa karena kita bertumbuh, kita memiliki ruang gerak. Bukan tentang menggampangkan sesuatu atau membuat pelarian saat berbuat salah, karena memang setiap kesalahan haruslah ada pertanggungjawaban. Tapi, tentang mengetahui bahwa ruang gerak itu dapat kita gunakan untuk bangkit kembali, meskipun terjatuh. Mencoba lagi, meskipun hati tawar karena penyesalan. Dan memulai lagi, meskipun terkadang rasanya semua sia-sia. Ruang gerak akan memampukan kita melihat harapan menuju pertumbuhan yang sehat. Ruang gerak menandakan kesempatan.

Saat kita dapat menggunakan ruang gerak dengan baik kepada diri sendiri, kita pun dapat menerima orang-orang lain di sekitar kita. Selama hidup, kita akan terus bertemu dengan orang lain. Di saat mereka berbuat kesalahan, kita tahu, sama seperti kita, mereka sedang bertumbuh dan kita dapat memberikan respon yang benar. Dengan mau mengerti dan memberikan dukungan, kita menghargai pertumbuhan orang lain.

Salah satu cara yang praktikal dan dapat dilakukan sehari-hari untuk menghargai pertumbuhan diri sendiri ataupun orang lain adalah, dengan bertanya, “What’s right?” (Apa yang benar?) Kesalahan memang seringkali lebih cepat ditemukan daripada apa yang benar. Maka itu, mari punyai kebiasaan yang baru; memberi pujian daripada memberikan kritik terus-menerus, dan hargai perubahan yang sudah benar, daripada terus-menerus hanya melihat kesalahan. Tanpa merayakan kekuatan, kita tidak bisa memperbaiki kelemahan yang ada.

Rayakan dirimu sendiri hari ini untuk segala usaha

dan pekerjaan baik yang sudah kau lakukan.

Growth.

Whatever that’s growing indicates life. Whatever that’s growing needs space. Around us, people are growing, the same time as we are growing. We want to be a better us, year after year. But, there will be times when we haven’t seen the differences, and when all we see is our mistakes, it feels tough. Nevertheless, it’s also the right time to remember that as long as we are growing, we have the space. It’s not about underestimating something or making excuses for our mistakes, because we will need to be responsible for it. It’s about knowing that the space is available to be used for getting up again after we fall. To try again, though our hearts are full of disappointment. And to start again, though everything seems in vain. The space will enable us to have the hope for a healthy growth. Space indicates chances.

If we are already skillful enough to use our own space for growing, it will help us to accept the people around us. Through our lives, we will continually interact with others. When someone makes mistakes, we know, just like ourselves, he/she is in the process of growth and we could give the right response. Our willingness to understand and support others means that we respect their personal growth.

One of many practical ways to respect our own growth or others’ is to ask, “What’s right? Because what’s wrong is more easily spotted than what’s right. So, let’s have new habit; to give compliment, rather than giving critics all the time, and appreciate the positive changes instead of only noticing the mistakes. Without celebrating strength, we can’t handle weaknesses.

Appreciate yourself today for all the good work you have done so far.

Search By Tags
Archive
bottom of page