top of page
Recent Posts

Be Calm & Have Peace


Masuk di tahun baru seringkali terasa spesial karena seakan ada sebuah lembaran baru di hidup kita. Entah dengan membuat resolusi, mimpi dan cita-cita yang mau dicapai di tahun ini dan target-target lainnya, kita memulai tahun baru dengan keyakinan dan semangat yang baru.

Keyakinan dan semangat ini sangat baik, tapi perlu kita jaga supaya api semangat ini tidak padam. Dengan berjalannya hari dan waktu, bahkan mungkin kurang dari seminggu, bisa saja ada hal-hal yang terjadi dan membuat kita merasa hal yang sebaliknya. Hal-hal yang bisa membuat kita kecewa, marah, panik, dan takut itu bisa datang kapan saja. Kita tidak hidup pesimis, tapi juga bukan hidup di angan-angan saja, sehingga saat memiliki mimpi yang besar, kaki kita harus tetap di tanah dan berjalan melalui proses yang ada.

Di post sebelumnya kita membagikan kepada teman-teman beberapa hal yang normal terjadi saat kita ingin mencapai mimpi. Sekarang ada sesuatu yang baik untuk kamu jaga supaya kamu tetap memiliki hati yang sehat, yang bebas dari kecewa, marah, takut, dan sebagainya sampai ke akhir tahun!

Tenang dan miliki rasa damai.

Rasa tenang dan damai itu penting sekali bagi manusia, karena berhubungan dengan hati dan pikiran. Saat dikuasai amarah, damai dan ketenangan itu hilang. Secara natural kita merasa lebih tegang dan panik, saat ada hal yang terjadi di luar kendali kita. Reaksi kita berbeda-beda. Ada yang menjadi lebih sedih, ada yang cepat-cepat ingin mencari solusinya, ada juga yang jadi patah semangat dan masih banyak lagi.

Kita harus ingat: kita tidak bisa mengganti atau mengubah hal yang ada di luar dari diri kita, tapi kita sangat sangat bisa mengganti dan mengubah apa yang ada di dalam diri kita. Jadi terhadap hal-hal yang tidak kita inginkan tapi terjadi juga, tetap tenangkan hati dan pikiran, nantinya kita akan merasa damai. Takut dan kuatir tidak mengubah keadaan sedikitpun. Marah pun boleh karena secara natural keluar dari diri kita, tapi bukan terus menerus marah-marah. Marah adalah reaksi yang memberi tahu kita bahwa ada hal yang tidak seharusnya terjadi tapi terjadi juga, ada yang tidak benar tapi terjadi juga, sehingga kita merasa marah. Tapi jangan menjadi berkepanjangan.

Belajar untuk tetap tenang. Ya, kita perlu belajar. Tidak ada orang yang langsung lahir dengan pengendalian diri yang sempurna. Ayo tetap semangat menjalani harimu! ;)

+++

There is always something special about entering a new year. It feels like a new page of life is wide open before us. Whether making resolutions, setting dreams we want to achieve this year and other goals, we start the new year with a new faith and spirit.

This new faith and spirit is really good! As good as it is, we need to protect it so it will keep burning within. As days and time go by, maybe even less than a week, anything could happen and make us feel the opposite. There are things that could make us feel disappointed, angry, panic, and scared. We don't live a pessimistic life but we are also not living inside a dream, so even though we dream big, our feet must still stay on the ground to walk through the process.

On our previous post we share to you about some things that happen normally when we are pursuing our dreams. Now we want to share something good for you so you will have a healthy heart, free from disappointment, anger, fear, and many others throughout the whole year!

Be calm and have peace.

Peacefulness is very important for every human because it relates to our heart and mind. When we are controlled by anger, peacefulness is gone. Naturally, we feel more tense and anxious when some things happen outside our control. We all give different reactions. Some could feel more miserable, others want to get the solutions quickly, or some even feel hopeless and many more.

Remember this at all time: we can't change or replace any condition that happens outside of us, but we are really really capable of changing and redirecting what happens inside of us. So when some things happen out of our expectations, keep our hearts and minds calm, then we will have the peace. Fear and anxiety doesn't change anything at all. You are allowed to be angry because it is also your natural emotion, but it doesn't mean that we stay angry. Anger is a signal that tells us that something is wrong, but it doesn't meant to reside in us all the time.

Learn to be calm. Yes, we need to learn. Nobody is born with a perfect self control. Keep up your good work! ; )

Search By Tags
Archive
bottom of page