top of page
Recent Posts

Be Free & Wise


Saat kecil, orangtua kita sering membantu kita memilih. Kita sekolah dimana, kita makan apa setiap hari, dan banyak hal lainnya.

Tapi semakin umur bertambah, kita belajar menjadi seseorang yang dewasa. Dewasa berarti bisa memilih sendiri dan bertanggung jawab atas pilihan itu.

Dan inilah kebebasan kita. Kita bebas berekspresi, berpikir, berteman, belajar, dan bekerja.

Tapi bagaimana kita menjadi seorang yang dewasa dan pada saat yang sama bijak juga?

Ada beberapa hal yang dapat membantu kita,

1. Pilihan yang kita buat selalu ada konsekuensinya. Saat gagal atau berhasil, jadikan keduanya tempat kita belajar. Orang yang dewasa bukan dilihat dari kesempurnaannya, tapi respon yang ia pilih dan kemauannya untuk terus maju dan belajar dari segala hal.

2. Bukan hanya diri sendiri, orang di sekitar kita juga punya kebebasan. Dan kebebasanlah yang membuat keunikan kita bisa bersinar. Maka itu, jangan bandingkan atau samakan diri dan hidup kita, dengan diri dan hidup orang lain. Hargai kebebasan kita, dan hargai kebebasan orang lain.

3. Menjadi dewasa bukan tentang menjadi orang yang independen atau mandiri dan sama sekali tidak dependen atau mengandalkan orang lain. Menjadi dewasa berarti bisa menjadi interdependen, yang artinya, bisa mandiri sendiri tapi pada saat yang sama, bisa berkolaborasi juga dengan orang lain.

Supaya hidup, pikiran, dan hati kita sehat, kita harus pastikan bahwa kebebasan kita juga diimbangi dengan kebijaksanaan.

Be free and be wise, so you'll inspire others.

+++

When we were just children, our parents help us many times to make decisions for us. Such as the school we go to, what we eat everyday, and many more.

But as we grow up, we learn to be mature. Maturity means to make choices and be responsible for the choices.

So we have freedom. We are free to express, think, make friends, learn, and work.

But how to be mature and wise at the same time?

There are some things that would help us,

1. Every choices comes with a consequence. Whether we fail or succeed, make both a place for us to learn. Mature person is not about being perfect in everything, but it's about how he responses, and his willingness to keep moving forward and learn from all things.

2. It's not just ourselves. But everyone around us has freedom. Freedom makes our uniqueness shines. Therefore, don't compare ourselves and our lives to other people and their lives. Respect our freedom, and respect their freedom.

3. Being mature is not about being so independent that we no longer need others. Being mature is about being interdependent, which means, being independent but at the same time, has the capacity to collaborate with others.

To have a healthy life, mind, and heart, we need to make sure that our freedom goes with wisdom.

Be free and be wise, so you'll inspire others.

Search By Tags
Archive
bottom of page