top of page
Recent Posts

Bye, Comparison!


Segala sesuatu yang kita perlukan untuk menjadi versi diri kita yang terbaik, ada di dalam kita. Potensi, talenta, karakter, dan kepribadian adalah harta yang terpendam dalam diri setiap orang dan perlu dikeluarkan dan diasah agar terus berkembang.

Namun, salah satu kebiasaan yang kita lakukan, sadar ataupun tidak, yang menghalangi kita untuk bisa mengeluarkan potensi maksimal kita adalah membandingkan diri. Saat membandingkan diri berakhir dengan pemikiran “hidup orang lain lebih baik dari kita”, kita kehilangan beberapa hal yang tragisnya - kita butuhkan untuk berkembang, di antaranya:

​Visi personal yang kita miliki - karena kita beranggapan bahwa apa yang dilakukan orang lain lebih baik, padahal belum tentu hal itu benar-benar menggambarkan siapa kita.

Kepercayaan diri yang selama ini dibangun melalui proses - karena kita menjadikan hidup orang lain sebagai standar apakah kita ini cukup baik atau tidak.

Energi - karena kita yang awalnya fokus untuk menggunakan potensi bagi kebaikan orang lain, berubah fokus menjadi “aku, aku, dan aku”, dengan kata lain, self-centered.

Saat kita sadar bahwa kita membandingkan diri dan berakhir seperti ini, mari belajar untuk memberikan kesempatan bagi diri kita sendiri agar bisa berproses. Katakan pada diri sendiri bahwa kita memiliki visi personal yang unik sesuai dengan talenta dan potensi kita. Bangun kembali kepercayaan diri yang sehat - yang tidak bergantung dari apakah orang lain lebih baik atau tidak daripada kita. Belajar untuk mengapresiasi prestasi orang lain dan diri sendiri. Kemudian ingatkan diri kita lagi bahwa mengembangkan diri bukan saja untuk kebaikan diri sendiri, tapi untuk orang lain, sehingga kita tidak terjebak di dalam mementingkan diri sendiri.

Pat our own shoulder and say,

"No need to compare. Keep up your own good work!"

+++

Everything we need to be the best version of ourselves, is already in us. Potential, talent, character, and personality is our hidden treasures that need to be shared and developed all the time.

But, there is one habit we consciously or unconsciously do that hinder us from reaching our maximum potential, which is comparing ourselves to other people. When we compare and we end up with thoughts like, "other people's lives are better than me", we actually lose some things that tragically - we need to develop, for example:

Our personal vision - because we think that what others do are better than what we do, though they are not always the things that really reflect us.

Our self-confidence that we have build so far with process - because we put other people's life as the standard to determine whether we are good enough or not.

Energy - because when our focus shifts from using potential for other's goodness to all about "me, me, and me", in other words, we are being self-centered.

The moment we realise that we compared ourselves with others and end up like this, let's learn to give ourselves a chance to develop through process. Tell ourselves again that we have our own vision that is unique and according to our talents and potentials. Build self-confidence once more - that doesn't depend on whether others are better than us or not. Learn to appreciate other people's achievement and ourselves instead. Then remind us that self-development is not only for our own goo, but for others as well, so we won't be trapped in self-centeredness.

Pat our own shoulder and say,

"No need to compare. Keep up your own good work!"

Search By Tags
Archive
bottom of page