top of page
Recent Posts

Patient & Kind


Kita semua ingin punya hubungan yang baik dengan orang lain. Punya banyak teman dan disukai banyak orang itu menyenangkan. Saat menghadapi tantangan, kita punya orang-orang yang mendukung kita. Saat merayakan sesuatu, kita punya orang-orang untuk berbagi kebahagiaan.

Tetapi, berteman itu tidak selalu mudah. Sama halnya dengan kita mau diterima oleh orang, penolakan juga benar-benar bisa terjadi. Lalu, tidak semua orang yang kita temui itu bisa kita percaya dan andalkan. Akan ada masa-masa dalam pertemanan di mana kita menyadari kalau kita dihianati atau dibohongi.

Meskipun begitu, kita tidak boleh menyerah. Sikap kita terhadap orang lain tidak perlu tergantung kepada bagaimana mereka bersikap kepada kita. Jika kita cepat menyerah dalam berteman, kita akan mudah menjadi orang yang berpikiran negatif, dan pada akhirnya, memasang tembok terhadap orang lain dan cenderung berpikir tentang diri sendiri saja. Jika kita sampai kepada tahap ini, kita pun tidak bisa berkembang secara maksimal dalam potensi dan talenta kita.

Oleh karena itu, jika kita ingin memiliki teman-teman dan hubungan yang baik, kita harus mulai dari diri sendiri dengan menjadi teman yang baik bagi orang lain. Pada minggu ini, mari kita mulai dengan mengembangkan 2 karakter ini dalam diri kita, yaitu, sabar dan baik hati.

Sabar itu artinya tidak mudah menyerah, mau mengerti orang lain (empati), tidak cepat berasumsi, tidak mudah tersinggung, dan tidak mudah marah.

Baik hati artinya ramah, suka memberi, mau berkontribusi, mau membantu orang lain jika bisa, mau peduli dengan orang lain, suka berbuat baik, memikirkan orang lain, dan memiliki hati yang berniat baik.

Kami mengajak teman-teman untuk mulai secara sadar menerapkan 2 karakter ini selama 1 minggu ke depan. Minggu berikutnya, kita tambahkan dengan belajar 2 karakter lagi. Di akhir prosesnya, kita bisa melihat kembali ke hari kita memulai dan menemukan dampak positif yang terjadi. Let’s start!

+++

All of us hope to have a good relationship with other people. Having many friends and being loved by many is delighting. When we have to face challenges, we have people who would support us. When we celebrate something, we have people to share our happiness with.

But, friendship is not always easy. As we hope to be well accepted by others, rejection is also real and it can happen anytime. Moreover, not everybody we meet is reliable and trustworthy. There will be times when we suffer from betrayal or lies.

Nevertheless, we should never give up. Our attitude towards others should not depend on how they treat us. If we easily give up in friendship, we would tend to think so negatively which eventually build a wall between us and others, and all of this leads us even more to selfishness. If we come to this situation, it will also hinder us from growing in our full potentials and talents.

That is why, if we want to have good friends and relationships, we have to start from ourselves by being a good friend for others. This week, let’s start with developing these 2 characters in us, which is, patient and kind.

Patient means not easy to give up, willing to understand others (empathy), not quick to assume, not easily offended, and not easily angered.

Kind means being friendly, generous, willing to contribute, caring, love to do goodness, being considerate, and having a good intention at heart.

We invite you to intentionally start to apply patience and kindness for this week. Next week, we start to apply the next 2 characters. In the end, we can look back to the day we started and find the positive impacts. Let’s start!

Search By Tags
Archive
bottom of page