top of page
Recent Posts

Worrying: Admit It and Move On!


Ukuran cita-cita bagi setiap kita itu berbeda. Ada yang senang dengan cita-cita yang kecil, tetapi ada juga yang memiliki visi untuk mewujudkan cita-cita yang besar. Seperti diri kita, cita-cita kita masing-masing adalah unik.

Tapi berapa pun ukuran cita-cita kita hari ini, salah satu tantangan yang pastinya kita hadapi adalah kekhawatiran. Khawatir bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa jadi karena dari diri kita yang kurang percaya diri, atau bisa disebabkan oleh pengaruh yang datang dari luar kita.

Berita buruknya, khawatir adalah salah satu hal yang bisa menurunkan semangat kita. Berita buruknya, kekhawatiran kita bisa saja terjadi.

Kenapa kita perlu mendengar berita buruk ini?

Karena di hidup ini kita harus bisa menerima sisi yang tidak menyenangkan tetapi nyata dari suatu hal. Jika kita bersikap seakan hal buruk tersebut tidak ada, berarti kita menyangkali fakta.

Tetapi kita juga perlu tahu berita baiknya, sisi yang menyenangkan dan menguntungkan buat kita. Apa saja berita baik bagi kita saat kita merasa khawatir?

Khawatir adalah tanda kalau hal tersebut penting bagi kita.

Khawatir itu tidak permanen/hanya sementara. Khawatir cenderung mengarah ke hal yang negatif, tapi jika kita mengubah kekhawatiran menjadi harapan, kita akan mengarah ke hal-hal yang positif. Misalnya, “Aku takut tidak diterima di universitas itu,” menjadi “aku harap aku diterima di universitas itu.” Coba ubah pikiranmu dan alami perubahan di perasaanmu.

Khawatir melatih diri kita menjadi lebih tangguh. Sumber kekhawatiran adalah rasa takut. Bayangkan jika kamu merasa khawatir 10 kali dalam 1 bulan dan kamu terus merespon dengan membangkitkan keberanian dan harapanmu, jika gagal pun kamu coba lagi. Kamu akan menjadi seseorang yang jauh lebih tangguh daripada sebelumnya!

Kekhawatiran tidak memberikan kita kontrol atas apa yang ada di luar tangan kita.

Akui kekhawatiran kita, lalu move on daripadanya,

dan selalu lakukan yang terbaik!

+++

Our dreams come in various size. Some are happy enough with simple dreams, but others envision to achieve big dreams. Just like our personalities, our dreams are unique.

However, no matter what size our dream is, one of the challenges we will inevitably face is worrying. Worrying may be caused by many factors. We might worry because we lack of self-confidence, or we might worry due to our surroundings.

The bad news is, worrying might rob our spirits away. Another bad news is, what we worry might happen.

Why do we have to hear these bad news?

Because in this life, we have to accept the real but not so happy part of something. If we act as if that parts don’t exist, we will be only denying the facts.

Meanwhile, we also need to hear the good news; its happy and beneficial part for us. So what are the good news when we worry about something?

What we worry about shows what’s important for us.

Worrying doesn’t have to be a permanent condition. Worrying often leads us to negativity, but if we choose to plant hope instead of worrying, we will lead ourselves to positive things. For example, “I fear I won’t be accepted in that university,” into, “I hope I will be accepted in that university.” Change your perspective and see how it affects your feelings.

Worrying trains us to be stronger than before. The source of worrying is fear. Imagine if you worry for 10 times in a month and you keep on responding to it by building up your courage and hope, and even if you fail you try again. At the end of the month, you will be much stronger than before!

Worrying doesn’t give us the control we want over the things that are out of our control. Admit it when you are worrying about something, then move on from it,

and keep doing your best!

Search By Tags
Archive
bottom of page