top of page
Recent Posts

Redefine Honesty


Kejujuran selalu dikaitkan dengan perkataan. Tapi sebenarnya perkataan itu mewakili apa yang ada di hati dan pikiran kita. Maka itu, kejujuran sebenarnya adalah sebuah karakter. Mari belajar apa itu kejujuran lebih lagi!

Kejujuran itu bagian dari integritas.

Orang yang perkataannya sesuai dengan perbuatannya menandakan orang itu punya integritas. Kepercayaan yang lebih besar akan diberikan kepada kita jika kita menjadi orang yang berintegritas, karena orang melihat kita bisa diandalkan.

Kejujuran itu bagian dari menghormati.

Saat kita jujur pada orang lain, kita sedang menghormati orang tersebut dan juga diri kita sendiri. Kita jujur karena tahu bahwa orang lain dan diri sendiri itu bernilai. Maka itu kita hanya memberikan informasi yang benar, bukan yang salah ataupun palsu.

Kejujuran bisa menjadi prinsip.

Prinsip hidup kita, mempengaruhi cara kita mengambil keputusan, dan pada akhirnya mempengaruhi hidup secara keseluruhan. Jadikan kejujuran menjadi prinsipmu jika kamu mau hidup yang berkualitas.

Kejujuran itu sama dengan berbuat baik.

Ada waktu di mana kejujuran bisa membuat hati orang lain tidak enak. Tapi asal kita belajar cara yang tepat untuk mengungkapkan kejujuran, dan kemudian bertanggung jawab, kita tetap bisa membuat keadaan menjadi lebih baik.

Kejujuran itu berdampak.

Ya, kalau kita mau berdampak yang signifikan bagi orang lain, kita harus membangun hidup kita di atas kejujuran. Menampilkan diri kita yang sesungguhnya, jujur dengan pikiran, perasaan, dan perbuatan kita, bukan sekedar melakukan sesuatu agar menciptakan sebuah impresi kepada orang lain. Dampak itu sifatnya tetap, tapi impresi hanyalah bersifat sementara.

Kejujuran adalah bab pertama dari hikmat.

- Thomas Jefferson

+++

Honesty is often related with words. But actually, those words only represent the things in our heart and mind. Therefore, honesty is actually a character. So, let’s redefine what honesty is!

Honesty is part of integrity.

When people do things according to what they speak, it shows that they have integrity. Greater trust will be given to us if we do our best to be a person of integrity, because other perceives us as a trustworthy person.

Honesty is part of honouring.

When we speak honestly towards others, we are actually honouring that person and ourselves at the same time. We are honest because we know that others and ourselves are valueable. Therefore, we only desire to share correct information, instead of misleading others by false information.

Honesty can be a principle in our lives.

The principle in our lives can influence the way we make a decision and eventually, it will influence our whole life. Put honesty in your life’s principle if you want an excellent life.

Honesty equals good deeds.

There are times when honesty can make other feels uncomfortable. But as long as we learn the right way to express the truth and be responsible for it, we are still able to improve the situation.

Honesty is impactful.

Yes, if we are going to give a significant impact for others, we have to build our life upon honesty. Show the real us, be honest with our mind, feeling, and actions, instead of only creating an image that will impress others. Impact will last long, but impression will only exist for a while.

Honesty is the first chapter in the book of wisdom.

- Thomas Jefferson

Search By Tags
Archive
bottom of page