Recent Posts

Let's Build Good Character!

Cepat marah. Tidak mudah menyerah. Aktif dan rajin. Cerdik dan jujur. Lebih suka mendengarkan daripada berbicara. Efisien, tidak suka membuang waktu. Tepat waktu dan tepat janji. Penuh hormat kepada orang lain. Ramah dan terbuka. Berkarisma. Tidak bisa dipercaya. Cuek. Manis dan berhati-hati. Setia. Murah hati. Bertanggung jawab. Cepat ngambek. Pelit dan tidak mau berbagi. Kompetitif. Selalu penasaran. Malu-malu. Keras kepala. Bersemangat. Pendiam.

Apakah kalian menemukan salah satu karakter dari daftar di atas ini yang kalian miliki?

Karakter adalah bagian dari kepribadian kita, tapi karakter amat sangat berpengaruh terhadap masa depan kita dan hubungan kita dengan orang lain. Kita semua bertalenta, dan talenta itu positif dampaknya jika digunakan untuk tujuan yang benar. Memiliki sebuah talenta itu satu hal, tetapi menggunakan talenta itu dengan karakter yang baik dan sepadan adalah satu hal yang berbeda.

Misalnya di sekolah ada seorang murid yang sangat pintar matematika. Kalau dia kembangkan karakter murah hati, dia akan menjadi murid yang suka membantu temannya belajar. Kalau dia kembangkan karakter bertanggung jawab, dia akan menjadi murid yang selalu menyelesaikan tugas. Kalau dia kembangkan talentanya dengan karakter yang baik, hasilnya juga baik dan berdampak positif untuk orang lain.

Tetapi andaikan dia kembangkan karakter yang sombong, dia akan menjadi murid yang merasa lebih baik dan merendahkan orang lain. Atau kalau dia kembangkan karakter yang tidak hormat, dia bisa menjadi murid yang pintar tapi kurang ajar terhadap guru. Jika talenta berjalan bersama dengan karakter yang tidak baik, hasilnya adalah kepribadian yang ahli, tetapi dikenal sebagai orang yang menyebalkan.

Karakter yang baik akan menarik orang lain untuk datang dan bersahabat dengan kita. Karakter yang baik juga justru membuat talenta kita dampaknya jauh lebih besar lagi daripada jika kita punya karakter yang buruk.

Karakter menentukan masa depan kita dan kualitas dari hubungan kita dengan orang lain. Kalau kita mau bersahabat dengan orang-orang yang karakternya baik, kita dulu yang perlu membangun karakter yang baik. Karakter berasal dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang kita lakukan berulang kali. Kita bisa membangun karakter apa saja, asalkan kita melakukannya secara konsisten hari demi hari.

Search By Tags
Archive