Recent Posts

Exploring Possibilities


Gerakan kita terhenti dan terbatas karena pandemi yang terjadi, tapi selalu ada kemungkinan baru yang bisa terjadi. Pertanyaannya: bagaimana caranya menemukan kemungkinan dan hal-hal yang baru itu?

Segala sesuatu yang kita lakukan ditentukan dari cara kita berpikir. Cara kita berpikir ditentukan dari apa yang kita lihat dan dengar, artinya apa yang kita lihat dan dengar itu sangat penting karena dapat mempengaruhi perspektif kita akan suatu hal. Contohnya, apa yang ada di pikiranmu jika kamu ditanyakan tentang masa belajar di rumah? Apakah kamu melihat itu sebagai waktu yang membosankan, atau sebagai waktu-waktu ekstra untuk melakukan hal yang kamu belum sempat lakukan sebelumnya? Dari jawabanmu, kamu bisa melihat caramu berpikir. Dan dari caramu berpikir, kamu perlu mencari tahu dari mana sumber dari cara berpikir tersebut.

Tidak semua cerita, berita, dan informasi tentang pandemi ini harus kita telan mentah-mentah semuanya. Ketahuilah kalau ada yang dapat menurunkan semangat kita, tapi ada yang dapat membangkitkan semangat kita. Kita perlu tahu keduanya, tapi pastikan kita lebih banyak melihat dan mendengarkan berita-berita yang dapat membangkitkan semangat kita. Lalu, kalau kita sudah memilih yang membangkitkan semangat, dari apa yang kita lihat dan dengar akan timbul semangat yang baru. Akan timbul cara berpikir yang positif. Akan timbul kepercayaan diri yang lebih baik.

Selalu ada jalan baru yang bisa ditemukan. Selalu ada semangat baru yang bisa muncul. Selalu ada potensi baru yang bisa dikerahkan. Selalu ada hal baru untuk kita pelajari. Selalu ada kesempatan untuk mengembangkan talenta. Selalu ada orang yang bisa kita tolong. Hidup tidak terhenti karena pandemi dan hidup akan terus berjalan. Maka itu inilah waktu yang tepat untuk mengembangkan diri lebih lagi dari dalam keluar dan belajar melihat kemungkinan-kemungkinan yang baru!

Search By Tags
Archive