Recent Posts

Latihan Tidak Bohong


Perjalanan kita menemukan dan mengembangkan talenta terjadi sepanjang kita hidup. Kita tidak pernah berhenti belajar. Selalu ada sesuatu yang baru, yang belum kita tahu sebenarnya dari diri kita yang bisa kita temukan. Seiring talenta kita berkembang, seiring pribadi kita juga berkembang menjadi semakin dewasa.

Salah satu hal yang tidak lepas dari mengembangkan talenta adalah latihan. Kalau kita melihat hasil karya dari sebuah talenta, apakah itu permainan piano yang profesional, tarian yang indah dan memukau, sebuah buku yang mengubah banyak pemikiran, permainan sepakbola yang ahli, dan masih banyak lagi; latihan adalah sebuah faktor yang dilalui oleh semua seniman, atlet, dan semua orang yang telah berhasil dalam hidupnya. Keberhasilan yang bukan berbentuk materi adalah jika kita berhasil melalui proses dari satu latihan, ke latihan berikutnya, tidak pernah berhenti dan terus berjuang.

Latihan kadang tidak tampak seperti ‘keberhasilan’. Di latihan, kita pernah gagal. Kita mengulang-ulang suatu materi sampai kita mahir. Kita pernah bosan. Kita pernah kurang disiplin lalu akhirnya tidak berlatih. Kita pernah membandingkan diri dengan orang lain, yang kita pikir lebih baik dalam latihan daripada kita. Kita pernah merasa seperti mau menyerah, tapi perjalanan masih terasa panjang. Di latihan, apapun bisa terjadi, tapi di latihan adalah tempat di mana kita betul-betul menjadi diri sendiri, menjadi autentik, bagaimana kita bersikap saat tidak ada yang melihat. Latihanlah yang membentuk diri kita, bahkan masa depan kita.

Oleh sebab itu, apapun talenta kita hari ini, percayalah bahwa latihan tidak akan pernah berbohong. Suatu hari kita akan melihat hasilnya, dan kita akan menikmati hasilnya.

Search By Tags
Archive