top of page
Recent Posts

Time


Sumber daya talenta, hubungan, dan kekayaan jika semakin dikelola, maka akan semakin berkembang dan bertambah. Berbeda dengan waktu, sumber daya ini semakin dikelola, akan semakin berkurang. Apa yang kita lakukan bahkan di satu menit yang lalu, tidak bisa kita putar kembali.

Tetapi kita tidak perlu takut kehabisan waktu, selama kita mengelolanya dengan baik. Mengelola waktu butuh kedewasaan dan pengalaman. Kita tidak selalu bisa memastikan segala sesuatunya seperti yang sudah kita rencanakan, tetapi kita tetap bisa memaksimalkan waktu yang ada.

Caranya?

Pertama, kenali prioritasmu. Tempatkan hal yang paling penting, penting, biasa saja, dan tidak penting, di posisi yang tepat. Prioritas adalah sesuatu yang kita anggap paling berharga. Setiap orang berbeda-beda. Prioritasmu mungkin pekerjaan saat ini. Ada juga yang prioritasnya keluarga karena sudah menikah. Artinya, prioritas bisa berubah sesuai dengan musim hidupmu. Kenali musim hidupmu saat ini, karena akan membantumu mengenali prioritas saat ini.

Waktu itu seperti berlari, karena terus berlanjut dan tidak berhenti menunggu kita. Maka itu poin yang kedua adalah, membuat rencana. Apa yang masih akan terjadi memang belum kita ketahui, tetapi rencana membantu kita melihat arah yang lebih jelas untuk setiap aktifitas kita. Ada rencana jangka pendek, seperti rencana 1 minggu ke depan. Ada juga rencana jangka panjang, seperti 1 tahun ke depan. Apapun perencanaanmu, kembali ke poin nomor 1, dan buat rencana sesuai prioritasmu.

Sebuah kutipan dari seseorang bernama Muhammad Ali ini bisa memotivasi kita: "Jangan menghitung hari-harimu, tetapi buat hari-harimu berharga."

+++

Resources like talents, relationships, and financial will grow when we develop or put it to work. But it is not so with time, because the more we use it, the more it will decrease. What we did a minute ago will never be able to be returned.

But we don't have to be afraid of running out of time, as long as we manage it well. Managing time requires maturity and experience. We can't always see our plans go 100% exactly like we want it to, but we can still use time wisely.

How?

First, know your priority. Put these into its rightful place: what are the most important things, the important things, the usual things, and not so important things to you. Every person will have different priority. Maybe it's your work. But for others will be their family because they are already married. This means that priorities change like the seasons in your life. Know your season of life today, because it will help you see your priority.

Time feels like it's running, because it keeps on going and it's not stopping to wait for us. So number two, make plans. What will happen is still uncertain, but making plans will help us see a clearer direction for our activities. You can make a short-term plan like weekly plans. Or you can make a long-term plan like yearly plans. No matter what plans you are planning to make, go back to point number 1 and make your plans according to your priority.

This quote by a man named Muhammad Ali will surely motivate us: "Don't count the days. but make the days count."

Search By Tags
Archive
bottom of page