top of page
Recent Posts

Menjadi Pengelola Yang Baik


Sebelum kita memulai tema DILIGENCE di bulan Juli, minggu ini kita akan belajar terlebih dahulu tentang kekayaan ke-empat untuk melengkapi tema RESOURCES pada bulan yang sebelumnya.

Menginspirasi kamu dalam mengelola harta/keuangan adalah tujuan dari artikel kita kali ini. Namun sebelum kita mengelola harta, kita perlu tahu dan sadari bagaimana cara hati kita melihat harta.

“Jika harta memiliki kita - pola pikir dan pola hidup kita adalah tentang mengejar dan mendapatkan harta. Jika kita memiliki harta - pola pikir dan pola hidup kita adalah tentang menggunakan harta untuk berbagai kepentingan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.” - RESOURCES / Vanela’s Blog

Oleh karena itu, apakah selama ini harta menentukan nilai diri kita?

Apakah kita merasa kurang berharga jika kita tidak memiliki harga yang banyak?

Apakah kita membandingkan harta kita dengan orang lain?

Atau, apakah kita yakin kita berharga, tidak peduli berapa sedikit atau banyaknya harta yang kita punya? Apakah kita puas dan mensyukuri apa yang kita punya?

Jika kita sudah tahu dan menata posisi hati kita, barulah kita bisa mengelola harta itu dengan baik. Karena setiap kita memiliki keadaan dan kebutuhan yang berbeda, berikut ini kami sediakan beberapa tips untuk menginspirasi teman-teman dalam mengelola hartamu!

#1 Membuat rencana budget kebutuhan kita setiap bulan.

#2 Menabung secara rutin dan catat perkembangannya.

#3 Menyiapkan budget untuk memberi bagi orang lain.

#4 Belanjakan uang sesuai kebutuhan terlebih dahulu daripada sekedar kemauan.

#5 Memiliki rencana keuangan jangka panjang, misalnya 1 tahun ataupun lebih.

#6 Catat dan evaluasi pengeluaranmu.

#7 Buat sebuah batasan dalam menggunakan uang yang kamu miliki.

#8 Tetapkan prioritas dalam menggunakan uang.

Tentunya, masih ada banyak cara yang kreatif dalam mengelola harta. Mengelola harta akan sangat bermanfaat bagimu hari ini dan masa depanmu. Terus berusaha dan jangan menyerah, kamu bahkan bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. Selamat menjadi pengelola yang baik, teman-teman!

+++

Before we begin the new theme of July which is DILIGENCE, this week we will firstly learn together about the fourth resources to complete our RESOURCES theme from the previous month.

To inspire you in managing your wealth/financial resources is the purpose of this article. But before we manage our wealth, we need to know and be aware of the way our heart sees wealth.

“If money becomes the owner of us - the way we think and live will be about chasing and acquiring money. If we becomes the owner of money - the way we think and live will be about using money for various things that will benefit ourselves and others.” - RESOURCES / Vanela’s Blog

Therefore, does our wealth define our value all of this time?

Do we feel less valuable if we don’t have much money?

Do we compare what we have with what others have?

Or, are we completely certain that we are valuable, no matter how little or how much we have? Do we feel content and grateful of what we have?

If we have known and managed our heart, then we can manage our wealth well. Since each of us has different situation and needs, here are some tips we have prepared to inspire you in managing your resources!

#1 Plan a budget for every needs each month.

#2 Have regular saving and note down the growth.

#3 Prepare a budget in giving to others.

#4 Spend money according to needs, rather than what we simply desire.

#5 Have a long-term plan, it could be for one year or even more.

#6 Note down and evaluate your spendings.

#7 Set a boundary in spending your money.

#8 Set your priority in using the money.

Of course, there are more creative ways in managing our financial resources. Managing financial resources will be helpful for you today and your future as well. Keep trying and don’t give up, you can even inspire others. Set yourself on becoming a good manager!

Search By Tags
Archive
bottom of page