top of page
Recent Posts

Mature and Authentic


Jika kita mengikuti perkembangan jaman, setiap tahunnya kita akan menemukan munculnya berbagai tren baru dari makanan sampai desain. Tren datang dan pergi, hanya bertahan sementara waktu. Namun, cukup menarik karena bisa membuat kita seakan perlu dan harus mengikutinya, agar kita tidak ‘ketinggalan’ jaman.

Betul kalau kita ini harus terus meng-update diri dengan sesuatu yang baru, serta membuka wawasan terhadap banyak hal yang sebelumnya tidak kita ketahui. Namun kita harus cukup bijak, supaya kita bisa memilih tren apa yang baik buat kita, sehingga kita tidak sekedar terbawa arus tren.

Bagaimana caranya supaya tren bisa bermanfaat positif buat kita?

1. Pilih yang tepat

Baik kalau kita mengetahui berbagai tren, tapi tidak harus diikuti semuanya. Pilih yang tepat bagi kita. Yang membuat diri kita jadi lebih baik dari sebelumnya. Yang orang lain pun merespon dengan positif saat mereka melihat kita.

2. Tetap autentik

Tren boleh terus berganti, tapi apapun trennya, kita perlu tetap menjadi diri kita yang autentik. Artinya, kita tidak sekedar ikut-ikutan saja apa yang orang lain sedang lakukan saat itu. Jika pun kita ingin mencoba tren itu, pastikan keinginan kita berasal dari motivasi yang benar.

3. Fokus menjadi dampak

Jika kita merasa kita perlu mengikuti sebuah tren, lakukan itu bukan sekedar supaya bisa tampak kekinian, hanya pencitraan, atau apapun yang sifatnya hanya ingin membuat impresi bagi orang lain. Lakukan itu karena kita tahu, jika kita melakukannya, kita membawa dampak yang positif bagi diri kita dan orang lain.

Sebagai penutup, ingatlah kalau diri kita yang autentik tidak ditentukan oleh sebanyak apa kita mengikuti tren. Akan tetapi, sedewasa apa kita untuk mengenal diri kita yang autentik dan memilih yang terbaik bagi diri sendiri dan orang lain.

+++

The more we get updated with how the world develops, the more we will find emerging new trends, from food to designs. Trends come and go, it will only last for a while. But, it’s interesting enough to make us feel as if we have to and need to follow it, for the sake of being not out of date.

It’s true that we need to update ourselves with new things, as well as opening ourselves to many things we haven’t known about before. But we have to be wise enough, so we can choose the right trends for us, and not simply being led by the trends.

How to make trends bring positive impact to us?

  1. Choose the right one for you

It’s great for us to know about various kinds of trends, but we don’t need to follow every single trend. Choose the right one for us. The one that makes us better than before. The one that brings positive responds from other people when they see us.

  1. Stay authentic

Trends may change, but whatever the trend is, we need to be our authentic self. It means, we don’t easily copy what others do. Even if we want to try the trend, make sure we have the right motivations.

  1. Focus to bring impacts

If we feel like we need to follow a trend, do it not only for the sake of impressing other people. Do it because we know that we can bring positive impact to ourselves and others as well.

In summary, remember that being our authentic self doesn’t depend on how much we follow trends. It’s about being mature enough to know our true self and choose what’s best for us and others.

Search By Tags
Archive
bottom of page