top of page
Recent Posts

Be Grateful


Menikmati hidup adalah pilihan kita. Kita membahas hal ini di artikel yang sebelumnya.

Kali ini, kita akan bicara tentang bersyukur, karena bersyukur adalah salah satu bentuk nyata dari sikap yang menikmati hidup!

Kita lebih sering bersikap atau memiliki mood sesuai dengan keadaan yang terjadi di luar kita. Jika ada hal yang tidak berjalan sesuai keinginan kita, kita bisa marah, kecewa, dan mengeluh. Jika hal berjalan sesuai keinginan kita, kita baru bersyukur, senang, dan ceria. Tapi bagaimana hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita terjadi terus menerus? Apakah kita akan terus menerus marah, kecewa, dan mengeluh? Justru di waktu inilah kita harus sengaja memilih untuk bersyukur.

Jika kita terjebak macet, bersyukur karena artinya kita masih memiliki atau berada dalam sebuah kendaraan.

Jika nilai kita jelek, bersyukur karena artinya kita tahu kita perlu belajar dan berusaha lebih lagi.

Jika ada orang yang mengecewakan kita, bersyukur karena artinya orang/sesuatu itu penting bagi kita, dan kita juga bisa belajar caranya untuk tidak mengecewakan orang lain.

Jika kita merasa insecure dengan kritik yang kita terima dari orang lain, bersyukur karena ada orang yang peduli dengan kita yang mau kita jadi pribadi yang lebih baik, dan kita juga bisa belajar lebih berbesar hati dan merespon dengan baik.

Jika kita merasa kesepian dan tidak ada yang peduli dengan kita, bersyukur karena artinya kita peduli dan ingin memiliki hubungan yang baik dengan orang lain, dan kita pun jadi bisa belajar untuk peduli lebih dulu dengan orang lain yang kita kenal.

Selalu ada cara, ada jalan, ada alasan untuk bersyukur selama kita hidup. Kita hanya perlu melatih cara pandang kita. Kalau kita selama ini terbiasa melihat dan menyadari hal yang negatif, sudah saatnya kita belajar melihat dan menyadari hal-hal positif yang ada di sekeliling kita.

+++

Enjoying life is our choice. We talked about this at our previous post.

This time, we’ll talk about being grateful, because gratefulness is one of the ways to enjoy life!

Our mood is often affected by the things that happen around us. When things don’t go our way, we might be angry, disappointed, and complaining. If things go our way, we might be grateful, happy, and cheerful. But what if things don’t go our way most of the time? Do we have to keep being angry, disappointed, and complaining? Actually, it would be a great chance for us to intentionally choose gratefulness.

If we are stuck in a traffic, we should be grateful because it means we still have a vehicle.

If our scores are bad, we should be grateful because it means we need to learn and give a better effort.

If someone disappointed us, we should be grateful because it means that person/something matters to us, and we can learn not to disappoint other people.

If we feel insecure because someone criticise us, we should be grateful because it means someone cares for us and wants us to become a better person, and we can also learn to have bigger heart and give the right response.

If we feel lonely and feel like nobody cares about us, we should be grateful because it means we care about relationship and wants to build a good relationship with other people, at the same time, we can learn to be more caring towards the people we know.

There is always a way and a reason to be grateful as long as we live. We only need to practice our perspective. If all of this time we are used to spotting negative things, it’s time we learn to see and be aware of the positive things around us.

Search By Tags
Archive
bottom of page