December 24, 2019

December 24, 2019

November 9, 2019

November 2, 2019

September 21, 2019

August 17, 2019

August 10, 2019

July 31, 2019

Please reload

Recent Posts

What Needs to Change

December 27, 2018

Sepanjang tahun 2018, tentu ada sudah ada banyak hal dan pengalaman yang kita jalani. Dan jika kita perhatikan dengan lebih teliti, pengalaman yang kita lalui mempengaruhi atau mengubah kita dalam satu atau banyak cara. Pengalaman kita bisa mempengaruhi cara kita berpikir, nilai yang kita percayai, pilihan yang kita buat, dan bahkan impian kita untuk waktu yang akan datang.

 

Oleh karena itu, akhir tahun bukan hanya tepat untuk berpikir tentang resolusi 2019, tapi waktu yang tepat untuk memperhatikan ulang segala pengalaman yang sudah kita lalui di tahun 2018. Ada beberapa area yang kita bisa perhatikan. Artikel kali ini memang ditulis untuk menginspirasi kamu dalam melihat kembali beberapa area ini di hidupmu.

 

1. Tujuan hidup

Apakah pengalamanmu di tahun 2018 membawamu lebih dekat ke tujuan yang kamu miliki? Apakah tujuan yang ingin kamu capai di 2019 masih sama dengan tujuan yang kamu tetapkan di tahun sebelumnya? Tujuan hidup kita temukan seiring berjalannya waktu. Tanda kita berjalan di jalan yang benar adalah saat kita bisa melihat ada kemajuan dan pertumbuhan di tujuan hidup kita, artinya apabila tujuan kita semakin jelas, semakin detail, dan semakin terasa manfaat positifnya bagi diri sendiri atau orang lain.

 

2. Keuangan

Bagaimana cara kita mengelola keuangan selama tahun 2018? Apakah sekarang kita punya tabungan atau malah punya banyak hutang? Apakah kita merasa kita cukup atau malah kekurangan? Keuangan yang dikelola dengan baik menciptakan standar hidup yang sehat. Uang atau gaji sebanyak apapun tidak akan pernah cukup bagi kita, selama kita tidak menata keuangan dengan baik. Perhatikan pengeluaran dan pemasukan kita dan latih diri untuk memprioritaskan apa yang penting.

 

3. Hubungan

Siapa saja orang yang terdekat dalam hidup kita saat ini? Nasihat dan perkataan siapa yang kita dengarkan? Apakah pergaulan kita saat ini membawa dampak yang positif atau malah negatif? Teman-teman kita menentukan masa depan kita. Perhatikan kembali bagaimana pertemanan kita selama 2018 ini membawa dampak kepada kita. Belajar untuk memilih teman yang setia dan membangun kita, serta belajar juga untuk menjadi teman yang setia dan membangun bagi orang lain.

 

4. Pekerjaan/studi

Lebih dari nominal atau gaji yang kita dapatkan, satu hal yang kita semua mau dalam pekerjaan kita adalah kemajuan. Selain pertanyaan tentang apakah gaji sudah cukup besar, perhatikan dan tanyakan juga: apakah pekerjaan kita selama 2018 membuat kita lebih berkembang dalam potensi kita? Apakah orang-orang di sekitar kita menerima manfaat positif dari pekerjaan kita? Apakah lingkungan kita bekerja itu sehat? Apakah hubungan di dalam tim kita bekerja sudah baik atau perlu ditingkatkan?

 

5. Kreativitas

Potensi kita ada untuk menjadi jawaban. Dengan kesibukan dan rutinitas kita selama tahun 2018. Apakah kreativitas kita sudah kita gunakan secara maksimal? Adakah kebiasaan buruk yang menghambat kreativitas yang harus kita tinggalkan seperti bermalas-malasan, suka mengeluh, berpikir negatif, dan sebagainya? Apakah kita sudah terbuka dengan masukan dan mau belajar dari kritik orang lain?

 

Secara singkat, rangkuman dari kelima hal ini setelah kita mempertimbangkan hidup kita di tahun 2018: adakah dan apakah yang perlu kita ubah?

 

Please reload

Please reload

Search By Tags
Please reload

Archive

© 2015-2018 by VANELA School

A Million Dreams - Greatest Showman Soundtrack
00:00 / 00:00
  • profile picture vanela
  • Twitter Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • Facebook App Icon
  • YouTube Social  Icon
This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now