top of page
Recent Posts

Do Yourself A Favor


Kita berjalan-jalan di mal, melewati banyak toko pakaian dengan mannequin yang tampak stylish dengan baju yang dipasangkan... Kita jadi berpikir, kalau kita pakai baju itu, pasti akan tampak bagus juga. Atau kita bertemu dengan teman-teman kita, yang terlihat baik dalam berpakaian, tanpa kita sadari, kita pun turut senang melihat caranya berpakaian.

Berpakaian bukan bagian dari mata pelajaran kita di sekolah. Kita belajar berpakaian dari apa yang kita lihat di sekeliling kita. Dan tidak bisa kita pungkiri, mereka yang berpakaian baik selalu menarik perhatian. Secara naluri, saat kita berhadapan dengan orang yang berpakaian baik, kita merasa dihormati juga.

Itulah mengapa, kita perlu memperhatikan cara kita berpakaian karena berpakaian adalah...

1. Salah satu cara kita untuk merepresentasikan diri kita.

2. Salah satu cara kita menunjukkan rasa hormat kepada siapapun yang kita temui.

Sadar atau tidak, cara berpakaian membawa pesan tertentu. Oleh karena itu, jika kita melihat seragam polisi, kita langsung mengenal otoritas yang mereka miliki. Jika kita melihat dokter dan suster di rumah sakit, kita langsung tahu orang-orang ini yang akan membimbing kita dalam kesehatan kita melalui pakaian mereka. Jika kita melihat para pebisnis dengan jasnya yang rapi, kita mendapatkan pesan bahwa ada hal serius dan penting yang sedang mereka kerjakan. Dan, jika kita melihat orang yang berpakaian sembarangan dan tidak sopan, kita pun turut merasa tidak nyaman. Setiap waktu dan acara memiliki "kode" pakaian tertentu yang dianggap baik ataupun tidak baik. Bahkan ada dari kita yang sudah dewasa kemudian menemukan pakaian yang kita pakai waktu kita lebih muda, dan berpikir, "Kenapa aku bisa pakai baju itu ya dulu?"

Oleh karena itu, mari kita mulai dari diri kita sendiri. Beberapa dari kita punya naluri yang baik dalam berpakaian, beberapa dari kita harus belajar lebih. Namun kesamaannya, kita semua sama-sama belajar, untuk menjadi lebih baik bukan saja dalam karakter, tapi dalam penampilan fisik yang kita representasikan ke sekitar kita. Mari berpakaian sesuai dengan kepribadian kita dan umur kita. Pilih pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh kita. Pilih warna yang sesuai dengan warna kulit kita. Mari kita representasikan diri kita dengan baik di mana pun kita berada!

Search By Tags
Archive
bottom of page