November 9, 2019

November 2, 2019

September 21, 2019

August 17, 2019

August 10, 2019

July 31, 2019

June 20, 2019

Please reload

Recent Posts

Diinspirasi Oleh Buku Harian Anak Bangsa

September 21, 2019

Sejak kita pertama kali sekolah, kita bukan sekedar belajar tentang ilmu pengetahuan, kita juga belajar untuk membangun hubungan dengan orang lain. Maka itu, selain tingkatan kita di sekolah yang semakin tinggi, mata pelajaran bertambah, dan ujian semakin menantang dari taman kanak-kanak sampai kuliah kita selama ini ditempatkan di dalam kelas bersama teman-teman lainnya dan guru-guru yang mengajar kita, kita terus diproses dan belajar untuk membangun hubungan dengan orang lain.

 

Oleh karena itu, lewat artikel kali ini, kita akan membahas setidaknya 3 pelajaran yang bisa kita ambil dari drama musikal Buku Harian Anak Bangsa dalam membangun hubungan.

 

Pertama, akui perbedaan.

Latar belakang keluarga setiap orang berbeda. Keluarga kita pun punya cerita tersendiri. Maka itu akui perbedaan yang kita miliki dengan teman dan guru kita. Perbedaan yang tampak di luar maupun di dalam; perbedaan suku, bahasa, nilai, dan kebiasaan kita. Kenali diri kita, dan berusahalah mengenal orang lain. Mungkin ada hal yang kita anggap biasa, tapi tidak dipandang biasa oleh orang lain. Mungkin ada hal yang kita suka, tapi tidak disukai orang lain. Jangan berpikir negatif terhadap orang, jika kita menemukan perbedaan dengannya. Berusahalah memahami latar belakang orang lain.

 

Kedua, hargai perbedaan.

Kalau kita sudah mengakui perbedaan itu ada, maka kita perlu menghargai perbedaan. Jangan memaksakan orang untuk selalu sama dengan kita. Jika menemukan perbedaan pendapat, komunikasikan dengan baik, bukan berasumsi atau langsung mundur atau bahkan tidak mau berteman lagi. Hubungan yang baik dibangun di atas kepercayaan dan hormat kepada satu sama lain. Semakin kita menghormati orang lain, semakin kita juga dihormati orang lain, dan hubungan kita dengan orang itu pun semakin erat.

 

Ketiga, padukan perbedaan untuk berkolaborasi.

Saatnya berpikir kreatif. Setelah mengakui dan menghargai perbedaan, saatnya memikirkan cara bagaimana perbedaan kita itu bisa dikolaborasikan. Misalnya, kita mau membuat sebuah content video. Kita pandai membuat video, dan teman kita pandai berbicara. Kita bisa kolaborasi dengannya, bukan? Mungkin dalam membuat video tutorial tertentu. Ada banyak hal, yang lebih besar, yang bisa kita lakukan saat kita berkolaborasi dengan orang lain.

 

Sekarang, mari kita terapkan tiga hal ini dalam hidup kita!

 

Kita tetap satu, walaupun berbeda

Bersahabat erat, walaupun berbeda

Bermimpi bersama, walaupun berbeda

‘Tak ada pemisah di antara kita

Kar’na berbeda itu indah!

 

— BUKU HARIAN ANAK BANGSA / Theme Song

 

 

Please reload

Please reload

Search By Tags
Please reload

Archive

© 2015-2018 by VANELA School

A Million Dreams - Greatest Showman Soundtrack
00:00 / 00:00
  • profile picture vanela
  • Twitter Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • Facebook App Icon
  • YouTube Social  Icon
This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now