December 24, 2019

December 24, 2019

November 9, 2019

November 2, 2019

September 21, 2019

August 17, 2019

August 10, 2019

Please reload

Recent Posts

Kapasitas

December 24, 2019

Dengan gelas yang kecil, kita hanya mampu menampung isi yang sedikit. Tapi dengan gelas yang lebih besar, lebih banyak lagi isi yang bisa kita tampung. Diri kita juga punya kapasitas yang seperti ini, dan ada beberapa macam yang kita miliki, di antaranya adalah kapasitas kreativitas dan kapasitas emosional.

 

Kapasitas kreativitas berhubungan dengan potensi dan daya kreatif kita. Yaitu seberapa jauh kita berkarya, ide-ide apa saja yang bisa kita kembangkan, dan seberapa dalamnya kemampuan kita dalam suatu hal. Contohnya, jika belajar musik, kita tidak langsung belajar harmoni. Kita pasti akan mulai dari dasar, karena kapasitas kita untuk pertama-tama hanya bisa menampung pelajaran musik yang mendasar. Tetapi semakin kita berlatih, semakin banyak waktu yang kita pakai untuk berkembang, semakin kita mengumpulkan pengalaman; melalui proses ini kapasitas kita pun membesar. Sehingga kita akan sampai di tahun-tahun di mana kita bisa memainkan musik yang jauh lebih sulit dan tinggi levelnya dari sebelumnya.

 

Kapasitas emosional berhubungan dengan cara pikir dan bagaimana kita mengelola emosi kita. Ketika masih kecil kita berpikir seperti anak kecil. Tapi semakin kita besar, semakin kita mampu memikirkan hal-hal yang kompleks dan luas serta merasakan perasaan yang beragam. Bukan hanya itu, kita juga semakin bisa mengontrol dan mengelola pikiran dan perasaan (yang mungkin sebelumnya kita yang dipimpin oleh pikiran atau perasaan kita) dari satu tantangan ke tantangan lainnya. Bertemu dengan banyak orang yang masing-masing memiliki kepribadian yang beda dari kita juga membuat kapasitas emosional kita bertumbuh, karena dengan orang yang berbeda (setiap orang unik), kita pun menjalin hubungan dengan cara yang berbeda. 

 

Kedua kapasitas ini sangat penting bagi pengembangan diri. Keduanya mungkin tidak selalu terlihat secara kasat mata, tidak seperti pencapaian pada umumnya misalnya memenangkan lomba tertentu atau tampil di suatu panggung yang besar. Tapi kedua kapasitas ini yang bisa membuat kita mencapai lebih jauh lagi dari yang bisa kita capai hari ini, karena keduanya berkaitan dengan pembentukan dan pertumbuhan karakter serta kepribadian yang lebih baik lagi.

 

Jadi, bagaimana kapasitasmu hari ini? Kenali dirimu dengan baik dan sadari posisimu, maka ini akan membantumu untuk membuat keputusan dan mengatur waktu dengan lebih baik.

 

 

 

Please reload

Please reload

Search By Tags
Please reload

Archive

© 2015-2018 by VANELA School

A Million Dreams - Greatest Showman Soundtrack
00:00 / 00:00
  • profile picture vanela
  • Twitter Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • Facebook App Icon
  • YouTube Social  Icon