top of page
Recent Posts

What Makes Good Performance?


Manusia memiliki kedalaman yang terus dapat digali. Kemampuan seseorang untuk belajar terus berkembang. Contohnya, seorang anak dapat belajar berbagai pelajaran di sekolah dalam seminggu, dan mungkin beberapa les lainnya diluar jam sekolah. Matematika, bahasa, pengetahuan alam dan sosial, keterampilan dalam berolahraga, musik, dan semua pelajaran ini akan terus berkembang dan semakin dalam seiring dengan kenaikan kelas. Di sekolah atau di tempat les pada umumnya, seorang anak dituntut untuk belajar dan menguasai materi dengan baik. Dan, penilaian dari keterampilannya dalam suatu bidang, tertera dalam selembar kertas. Hal ini dimulai dari usia yang masih kecil, sampai seseorang lulus kuliah. Namun, apakah penilaian ini akan pernah cukup untuk mengukur kedalaman seorang manusia?

Kita sangat terpengaruh dengan apa terlihat oleh mata sampai pada suatu titik tertentu, kita harus menilai ulang apa yang kita lihat. Nilai yang tertera di sebuah kertas sering dijadikan ukuran untuk mengukur kemampuan seseorang, tapi ada beberapa hal yang tidak akan pernah bisa diukur dengan sebuah angka. Karena hal ini terkadang tidak terlihat mata seperti pakaian yang kita gunakan, tapi bisa dirasakan kesungguhannya. Terkadang, terdengar oleh telinga kita. Hal ini juga dibuktikan keasliannya seiring dengan waktu, serta terukur kedalamannya dengan adanya konsistensi (terus berulang atau terjadi). Hal ini adalah, karakter. Karakter yang baik.

Karakter adalah hal yang menentukan akhir hidup seseorang. Seseorang dapat menggapai sebuah posisi tertentu dengan talenta, keahlian, dan keterampilannya. Tapi, untuk mempertahankan, bahkan berkembang menjadi lebih baik, diperlukan kekuatan karakter. Kesetiaan, kejujuran, integritas, kemurahan hati, ketekunan, keberanian, kesabaran, antusiasme, keramahan, ketulusan, adalah beberapa contoh dari karakter yang akan sangat mempengaruhi hidup seseorang pada akhirnya.

Good Performance = Good Skills + Good Character

The depth of human is really deep; we can keep digging it and find more space for learning. For example, a student can learn so many things at school in a week, and even outside of school. Math, language, science, social, sport, music, and all these lessons will keep developing and it’s getting wider as he or she goes to the next grade. At school and course, a child is expected to learn and to master the lesson. And, the result of his or her skill will be written in a piece of paper. This has started since early childhood until the end of university studies. But, do the numbers will ever be enough to measure the depth of human?

We are so much affected by what our eyes can see, until a moment comes when we must review our judgement on what we see. The number on the paper often used to measure the range of someone’s skill, but there are some things that could never be measured by numbers. Because it’s not visible like the clothes we wear, but can be felt. Sometimes we can hear it too. It is also proven by time, and its depth comes along with consistency (repeating). It is character. A good character.

Character will determine the course of someone’s life. Anybody can reach a certain position because they have the talent, the skills, and the ability. But, to maintain it and even to develop it, the strength of character is needed. Faithfulness, honesty, integrity, generousity, dilligence, courage, patience, enthusiasm, kindness, sincerity, these are some examples of character that will affect someone’s life eventually.

Good Performance = Good Skills + Good Character

Search By Tags
Archive
bottom of page