top of page
Recent Posts

The Person in Each Personality IV: Strength & Weakness


Kekuatan dan kelemahan adalah elemen pertumbuhan yang pasti dilalui semua orang. Seseorang dapat bangga akan kekuatannya, karena ada sesuatu di dalam dirinya yang tidak dimiliki orang lain. Tapi seseorang bisa cenderung menjadi rendah diri saat berhadapan dengan kelemahannya.

Sebenarnya kita butuh keduanya untuk bertumbuh.

Kekuatan bisa membuat kita melakukan sesuatu dengan baik sehingga apa yang kita hasilkan akan berguna untuk orang lain. Kelemahan bisa membuat kita sadar kita perlu orang lain, agar kita tidak hanya mengandalkan diri sendiri terus menerus.

Kekuatan akan memberikan ketahanan yang kuat saat ada kesulitan atau tantangan yang datang. Kelemahan akan memberikan kita peluang untuk belajar apa yang kita perlukan dan perbaiki dalam hidup.

Sekarang, pikirkan 5 kekuatan Anda. Mungkin akan butuh beberapa waktu, tapi jika Anda belum pernah memikirkannya, Anda dapat mencobanya. Karena, kekuatan perlu waktu untuk dikenali, dikembangkan, dan digunakan dengan baik.

Berikutnya, cobalah identifikasi 5 kelemahan yang Anda punya. Kelemahan pun butuh waktu itu disadari, diterima, dan diperbaiki.

Kekuatan dan kelemahan ada bukan untuk menjadikan kita sombong, atau menjadikan kita rendah diri.

Proses pengenalan akan diri sendiri mencakup kekuatan dan kelemahan. Kita baru akan mengenali diri kita yang sesungguhnya kalau kita mau mengenali kedua-duanya, bukan hanya salah satunya.

+++

Strength and weakness are the elements we need in growing up. Some may feel proud of their strength because there is something within them that is only owned by them. But others may look down on themselves when they are facing their weakness.

Actually, we need both to grow.

Strength enables us to do something well so it will be helpful for others. Weakness makes us realize that we need others, so we won’t be depending on ourselves all of the time.

Strength will endure us when troubles or challenges come. Weakness will help us to learn about the things we need to improve in life.

Now, please think of 5 strengths that you have. It may takes some time, but if you haven’t thought about it, you can try it. Because, strengths need time to be recognized, developed, and used well.

Next, try to identify 5 weaknesses you have. Weaknesses also need time to be realized, accepted, and improved.

Strength and weakness exists not for the purpose of making us arrogant or lack of self-confidence.

The proses of self rediscovery includes both strength and weakness. We will see our true identity if we are willing to recognize both of them, not just a part of them.

Search By Tags
Archive
bottom of page