top of page
Recent Posts

Bukankah...?


Kalau saja kita bangun jam 7 pagi dan tidur jam 10 malam, dalam sehari kita akan aktif berpikir selama 15 jam. Dan bisakah kamu bayangkan, berapa banyaknya hal-hal yang terpikirkan olehmu dalam 1 minggu, 2 minggu, 1 bulan, dan bahkan 1 tahun?

Pikiran yang kamu biarkan ada di kepalamu bisa mempengaruhi banyak hal, di dalam diri dan di luar dirimu. Dari apa yang muncul di pikiranmu, kamu bisa mempelajari apa yang terjadi di hatimu. Nah pernahkah kamu menemukan pikiran yang dimulai dengan, "Bukankah....?" atau dengan gaya bahasa yang lebih santai, "Bukannya...?" Setiap kata ini muncul, kamu harus lebih peka karena kata ini cenderung membawa pikiranmu ke sebuah muara bernama asumsi.

Saat kita menemukan hal-hal yang tidak sesuai ekspektasi atau tidak kita duga sebelumnya, kata ini bisa muncul secara natural sebagai reaksi kita. Terkadang hal ini bisa menjadi tantangan bagi kita karena kita cenderung ingin mengetahui kebenaran yang sesungguhnya dari yang terjadi. Untuk itu, jika kamu menemukan kata ini dan jika kata ini terus bertanya-tanya seperti, "Bukannya dia sudah tahu tentang itu?", atau "Bukannya seharusnya seperti ini atau itu?" kamu harus mengindentifikasi apakah kata itu menjadi pikiran yang positif atau negatif. Lalu perasaan apa yang kemudian timbul akibat pemikiran itu. Bukan berarti jika kata ini muncul pasti akan bersifat negatif. Tapi jika perkataan ini muncul dan kemudian membuat kita berasumsi terhadap sesuatu yang kita belum tahu kebenarannya kemudian kita cepat-cepat menganggapnya sebagai kebenaran, sebaiknya kita jangan mengikuti pikiran ini. Semua hal yang belum pasti itu perlu kita buktikan lebih dulu teman-teman!

Tapi bisa saja kalau kata ini muncul karena kita tahu hal yang benar kemudian menemukan sesuatu yang kurang baik lalu membuat kita mempertanyakannya, hal ini bisa menolong kita agar terhindar dari hal yang tidak benar atau tidak baik. Semuanya tergantung pada kemampuan kita untuk berpikir kritis.

Apapun yang ada di pikiranmu mempengaruhi kehidupanmu. Segala pikiran itu harus jeli kita kenali, agar kita bisa mengenal diri dengan lebih baik, bisa memilih pikiran yang positif namun relevan, dan supaya kita juga bisa memberikan dampak yang baik terhadap hubungan kita dengan orang lain.

Gunakan waktumu untuk berpikir kritis saat dibutuhkan,

untuk mengerti pengaruh dari pikiranmu terhadap dirimu sendiri! :)

+++

If we wake up at 7 and sleep at 10, in a day, we will be actively thinking for 15 hours. And can you imagine how many thoughts pop out in our mind in a week, 2 weeks, 1 month, and even a year?

Everything that we think about in our head can influence many things; on the inside and outside of us. From whatever arise in our mind, we can learn about what happens in our heart. Have we ever find an idea starting with, "Isn't it....?" . If so, everytime it appears, we must be more sensitive to it because it often leads our mind to a road called assumption.

When we find some things not according to our expectation or something that we didn't expect before, this word can pop out naturally as our reaction. Sometimes it can be a challenge for us because we tend to be curious about the real truth of what is happening. Therefore, when you hear this word and you keep on asking like, "Isn't he or she supposed to know about that?" or "Isn't it supposed to be like this or that?" you need to identify whether it means positive or negative thought. Then, the kind of feeling that affect you after that. It doesn't mean that this word always means a sign of negative thought. But, if it appears and we make an assumption about something that is not yet verified, and we quickly accept it as the truth, we better not follow this thought. Everything that is not yet certain needs to be proven first.

Of course, this word can also appear when we know something is true but then we find out that what happens are the opposite of it or even something negative, so we are questioning it. This could help us avoid things that are untrue or negative. It all depends on our ability to think critically.

Whatever you let loose in your mind affect your life. All of those thoughts must be well considered, so we can get to know ourselves better, choose a positive yet relevant thought, and to bring good impact towards our relationship with others.

Take your time to think critically when needed to understand where your own thoughts lead you to! :)

Search By Tags
Archive
bottom of page