top of page
Recent Posts

I Care


Di sekolah atau di tempat les, pasti ada teman yang lebih kita kenal dan tidak terlalu kenal. Ada teman yang kita lebih dekat dan tidak terlalu dekat. Maka itu, ada baiknya kita menantang diri kita sendiri untuk lebih aktif mempedulikan teman-teman kita, dan bukan hanya teman-teman yang kita dekat saja.

Kenapa mempedulikan orang lain itu penting?

1. Menantang diri kita untuk memberi daripada menerima

Saat kita peduli dengan orang lain, kita akan terfokus untuk memberi, daripada menerima. Yang kita berikan adalah waktu dan perhatian kepada orang tersebut. Kita pada akhirnya akan merasa lebih bahagia saat bisa memberi daripada menerima. Lagipula, life is meant to be shared. Dan yang bisa kita bagikan kepada orang lain bukan hanya hal yang bersifat materi saja. Saat kita memberikan waktu untuk orang lain, waktu tersebut pun menjadi hadiah yang spesial.

2. Membuat orang lain merasa dihargai

Kita pasti tahu tentang apa yang terjadi di hidup kita, tapi kita tidak selalu bisa tahu atau mengerti apa yang dirasakan dan dilalui orang lain. Maka itu, saat kita peduli kepada teman-teman kita, kita mungkin tidak sengaja memberikan mereka semangat, membuat mereka bisa merasakan bahwa keberadaan mereka itu berharga. Kita pasti juga pernah merasakan, saat ada orang lain yang peduli terhadap kita, kita pun merasakan hal yang sama.

3. Menyadari dampak yang kita bisa berikan

Kita memberi dampak dengan talenta dan potensi kita, tapi pada saat yang sama, kita harus sadar juga dampak yang bisa kita hasilkan melalui hubungan yang kita bina. Mempedulikan orang lain, bisa memberi dampak kepada hidup orang itu dan bahkan diri kita sendiri. Kita bisa menguatkan, mendukung, dan menginspirasi dengan kita peduli. Dan kita bisa level up diri kita, melatih kepekaan, dan meningkatkan social skill kita saat kita mau peduli dengan orang lain.

Akankah kamu memberikan waktu untuk orang lain, sekedar untuk kebaikan mereka?

+++

At school or at courses, there will be some friends that we are close with or not so close with. Some we know better, and others that are not as much. Therefore, challenging ourselves to care more about our friends will be a positive goal to achieve, and not just the friends that we are close with.

Why caring is important?

1. It challenges us to give than to receive

When we care about others, our focus is giving, instead of receiving. We give our time and attention to that person. Eventually, we will feel happier to give than to receive. Anyway, life is meant to be shared. We are not only able to share material things. When we give time for others, it is already a special gift for them.

2. It makes others feel valued

We may know what happens in our life, but we don’t always know or understand what other feels and goes through. Therefore, when we care about our friends, we might be giving them the encouragement they need, making them feel that they are precious and valued. We must have been through the same feeling when others care about us.

3. It helps us realize our capacity to impact

We impact with our talents and potentials, but at the same time, we have to realize that we can impact by how we treat our relationship. To care about others will impact their life and even our own life. We can encourage, support, and inspire by caring. Meanwhile, we are leveling up ourselves, training ourselves to be more aware, and improving our social skills by caring.

Will we give our time for others, only for their own good?

Search By Tags
Archive
bottom of page