top of page
Recent Posts

Art of Preparation


Setiap kali kita melihat kesuksesan seseorang, kita cenderung berpikir tentang perasaan bangga yang kira-kira ia rasakan, atau bahkan berpikir jika kita ada di posisi orang tersebut. Tapi tahukah kita tentang harga yang mereka bayar untuk mencapai hal itu? Tahukah kita berapa banyak tenaga, waktu, dan pikiran yang mereka korbankan selama ini? Di balik sebuah kesuksesan, selalu ada persiapan.

Persiapan itu bisa direncanakan, tetapi tidak bisa ditebak. Kadang semua berjalan lancar, kadang ada tantangan yang harus dihadapi. Kadang kita tahu apa yang kita harus lakukan, kadang kita bisa dibuat seperti berada di jalan yang buntu. Kadang kita merasa optimis, dan kadang ada hari di mana kita bisa merasa down.

Apa sebenarnya hal positif yang bisa kita ambil dari persiapan? Berikut beberapa poin dari kami ; )

1. Memperbesar Kapasitas

Persiapan biasanya membutuhkan jangka waktu tertentu. Ada hal yang butuh dipersiapkan selama 1 bulan, ada juga yang membutuhkan waktu bertahun-tahun. Selama jangka waktu ini, jika dilakukan dengan sepenuh hati, kapasitas seseorang pun akan berkembang. Kapasitas ini berarti daya yang dimiliki seseorang untuk melakukan tanggung jawab tertentu. Kita tidak bisa melakukan tanggung jawab yang besar dengan kapasitas yang kecil. Tapi, mulai kerjakan hal-hal kecil yang akan mengembangkan kapasitas kita yang kecil menjadi besar, sehingga kita punya kapasitas yang besar untuk melakukan yang besar.

2. Mengeluarkan Potensi

Potensi keluar saat ada sebuah tantangan yang harus dilalui. Potensi yang keluar itu menjadi jawaban dan sebagai solusi dari tantangan tersebut. Persiapan yang baik bukan hanya mengeluarkan potensi dari dalam kita, tapi mempertajamnya juga.

3. Melatih Kerendahan Hati

Jika kita mau sukses dengan melakukan persiapan dengan setia, dengan kata lain, mau membayar harga, maka saat kita meraih kesuksesan itu, seharusnya kita tidak menjadi tinggi hati, karena bukan menjadi hal yang didapatkan dengan instan, tapi didapatkan dengan kerja keras, ketekunan, dan kesetiaan.

Pernah dengar kalau apa yang kamu lakukan hari ini adalah persiapanmu untuk hari esok?

Hal ini sungguh benar! Karena langkah yang kamu ambil hari ini menentukan posisimu di hari esok.

Maka itu, kerjakan setiap hal kecil dengan setia setiap hari, dan kamu pasti akan melihat dampaknya di hidupmu suatu saat nanti.

+++

Whenever we spot success in people’s life, we tend to think about how proud they must be in that position, or we could even imagine ourselves in their position. But what do we know about the price they pay to achieve it? What do we know about the energy, time, and mind that they sacrifice all of this time? Behind every success, there is always a preparation.

Preparation can be planned, but sometimes can be unexpected. Sometimes everything went well, but at times there will be challenges. Sometimes we knew exactly what we need to do, but at times we felt like we’re stuck. Sometimes we felt optimistic, but at times we felt down.

What are the positive things we can learn from preparation? Below we have 3 things to share to you:

1. Enlarging Capacity

Preparation often happens in a particular duration of time. Some need only a month of preparation, but others may need years of preparation. When we do things wholeheartedly during this time of preparation, our capacity will grow. Capacity means our ability to do certain responsibility. We can’t handle big responsibilities with small capacity. Nevertheless, start doing small things faithfully which will grow our capacity, then do bigger things.

2. Unlocking Potentials

Potentials are often unlocked when we face certain challenges. This potential will be like a solution for the challenge. Good preparation not only draws our potentials out, but will sharpen it as well.

3. Humility in Practice

If we reach success by faithfully preparing it, in other words, by paying the price, then when it is finally ours, we shouldn’t become prideful because it not something that happen instantly, instead, it will be a result of our hard work, persistence, and diligence.

Have you ever heard a saying that what you do today is your preparation for tomorrow? This is so true! The step you take today define where you will be tomorrow. Therefore, do every little thing faithfully, and you’ll ripe the impact in your life someday.

Search By Tags
Archive
bottom of page