top of page
Recent Posts

Choose, Balance it, & Enjoy!


Tantangan, sudah menjadi bagian dari hidup ini sehari-hari. Mulai dari tantangan untuk naik kelas, ujian dan mata pelajaran baru, untuk lebih berani dalam public speaking, untuk lebih percaya diri, dan termasuk juga.. tantangan yang berhubungan dengan makan dan makanan.

Lebih dari tantangan, makanan sudah menjadi bagian yang tidak tergantikan dari hidup kita. Makanan adalah sumber, dimana ada gizi, nutrisi, dan kekuatan fisik untuk beraktivitas. Tapi kadang, kita akan menemukan tantangan kalau kita punya selera makan yang terlalu tinggi, atau juga terlalu rendah. Kalau selera makan sangat tinggi, kita cenderung makan melebihi kapasitas yang akhirnya membuat berat badan kita terus bertambah. Kalau selera makan terlalu rendah, kita bisa juga kekurangan gizi dan merasa lesu. Lalu ada juga yang berusaha mengurangi porsi makannya, kadang sampai tahap yang ekstrim, untuk tujuan menguruskan tubuh.

Jadi, apa yang bisa dilakukan supaya pola dan porsi makan kita tepat?

Ada banyak faktor dan hal yang bisa dilakukan sebenarnya. Kita bisa konsultasi dengan dokter gizi dan kesehatan, kita bisa tentukan diet (menu makanan) yang pas gizinya dengan tubuh kita, dan hal praktikal lainnya. Namun pada post ini, kita ingin membagikan beberapa hal tentang makan dan makanan, yang akan membantumu untuk menghadapi tantangan-tantangan yang ada seputar makan dan makanan.

#1 Belajar Memilih

Siapa sangka makanan itu seperti pacar, yang harus dipilih dengan baik-baik? Makanan yang kita temui setiap hari dibuat dari bahan dan proses yang berbeda-beda. Ada yang enak tapi tidak sehat. Ada yang sehat tapi terasa hambar. Setiap orang punya respon masing-masing terhadap rasa dan pilihan ini hal yang personal. Tapi kita perlu tahu apa yang dikandung dalam makanan yang kita makan! Tentang bahan, proses, dan gizi, kami yakin ada banyak sumber yang bisa memberimu informasi yang luas di zaman serba Google ini. Ambil waktu untuk belajar tentang itu kemudian belajar untuk memilih makanan dengan bijak, supaya bisa menikmati makanan, tapi pada saat yang sama menyehatkan badan.

#2 Belajar Takaran yang Cukup

Kata “cukup” dalam hal makan, berhubungan erat dengan takaran. Apa yang kita konsumsi terlalu sedikit dan terlalu banyak ada dampaknya masing-masing. Setiap kali kita makan, kita harus peka dengan kapasitas kita untuk menampung makanan itu. Makanlah dengan porsi yang tepat, sehingga makanan itu akan menyegarkan tubuh, bukan sampai kekenyangan dan membuat kita mengantuk ataupun kekurangan sampai kita makan lagi hanya 1 jam setelahnya.

#3 Belajar Menikmati Makanan

Dengan ribuan jenis makanan dan masakan di seluruh dunia, makanan adalah berkat bagi kita. Saat belajar memilih makanan dengan bijak dan belajar takaran yang cukup, kita perlu menikmati makanan. Hanya dengan menikmati dan mensyukuri makanan, makanan itu bukan hanya menyegarkan tubuh, tapi juga menyegarkan jiwa dan membuat perasaan kita senang dan puas!

“First we eat, then we do everything else.” -M.F.K. Fisher

+++

Challenges are part of our daily life. From the challenge to go to the next class, exam and new materials, to be more confident in public speak, and even... the challenge related with food and eating.

More than challenges, food has also become irreplaceable part of life. Food is a source; where we get the nutrient and physical strength for our activities. But when our appetite is too high or too low, we are actually facing challenges too. Because when our appetite is too high, we tend to eat excessively and cause ourselves to gain weight. And when our appetite is too low, we might lack the nutrient we actually need. Some also try to decrease his or her own portion, and a little bit extreme at some point, for the sake of losing weight.

So what can we do to have the right pattern and portion when eating?

There are many solutions for this actually. We can consult with a nutritionist and decide the right diet to ensure that we have enough nutrient and there are other practical things too. But at this post, we want to share 3 things that will help you to overcome the challenges you might have about food and eating.

#1 Choose Wisely

Who would ever thought that choosing food requires wisdom too? Food is made from various material and different process. Some taste good but it's not that healthy. Some are very healthy but are tasteless. Each of us has different respond towards taste and it really is a personal thing for every person. Yet, it is very important to know what every food contain. Materials, process, and the nutrient of food can be easily gained in this era of all-things-on Google. So take time to learn it and then learn to choose what you eat wisely, so you can enjoy it and at the same time the food will make you healthy.

#2 Balance It

The word "enough" in the context of eating, is much related with portion. The things that we consume too little or too much has its own consequence. Every time we eat, we need to be aware of our own capacity in eating. Eat with the right portion so the food will strengthen our body, instead of making us sleepy because we eat it too much, or getting hungry too fast because we eat too little.

#3 Enjoy!

With thousands of cuisine and food from all over the world, food is truly a blessing. When learning to choose what we eat wisely and eating with the right portion, we really need to ENJOY the food. Only by enjoying and being grateful of what we eat, not only it will strengthen our body but it will also refresh our soul, it can make us happy and feel content.

“First we eat, then we do everything else.” -M.F.K. Fisher

Search By Tags
Archive
bottom of page