top of page
Recent Posts

Let's Appreciate!


Apresiasi berarti menghargai, dan untuk menghargai sesuatu, kita perlu kepekaan dan kedewasaan. Pernahkah kamu sadari bahwa seringkali lebih mudah bagi kita untuk memberikan kritik dan menyatakan kekurangan, dibanding memuji sesuatu dan mengapresiasi sesuatu?

Sebenarnya saat kita mengkritik dan menyadari kekurangan, juga bermanfaat buat kita, karena dengan demikian, kita tahu bahwa ada yang harus ditingkatkan. Tapi hal ini bisa jadi merusak, kalau kita mengkritik seseorang atau hal tertentu tanpa terlebih dulu memahaminya ataupun terus mengkritik. Namun kali ini, bukan hal ini yang menjadi fokus tulisan kita.

Melalui artikel ini, kami justru ingin mengajak kamu untuk memulai suatu kebiasaan baru, yang kami yakin, akan membuat kamu lebih peka dalam menghargai dan mengapresiasi orang lain dan hal-hal yang ada di sekelilingmu.

Ayo bersama-sama kembangkan kebiasaan yang baru untuk…

#1 Melihat Kelebihan Orang Lain & Belajar

Setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan, termasuk kita juga. Hal yang baik dalam diri orang lain, bisa menjadi pembelajaran supaya kita juga termotivasi untuk mengembangkan diri.

#2 Melihat Karya & Mengapresiasi

Setiap orang membuat karya masing-masing dan setiap karya itu unik. Karya dilahirkan dari usaha. Dengan mengapresiasi karya orang lain, kita sedang menghargai usaha dan pengorbanannya (waktu, tenaga, dan pikiran) untuk karya tersebut.

#3 Melihat Prestasi & Mendukung

Saat temanmu mencapai prestasi tertentu, rayakan dan berikan selamat dengan tulus. Turutlah berbahagia juga karena dengan demikian, kamu sedang mendukungnya untuk meraih prestasi yang berikutnya dan terus maju.

Setiap hari, selalu ada sesuatu dan seseorang yang bisa kita apresiasi dan hargai. Latih diri dan kepekaanmu, dan mari bersama-sama menjadi orang-orang yang menyebarkan budaya apresiasi!

+++

Appreciating means we know the value of something and to appreciate something require us to be more aware and mature. Have you ever realized that it’s often easier for us to criticize and point toward weakness, rather to give praise and to appreciate something?

Actually criticizing may be helpful for us because it’s a sign that something needs to be upgraded. But it could turn into disaster if we criticize on shallow ground, being not completely informed about it. Yet this time, this is not the focus of our writing.

Through this post, we would like to ask you to join us and develop new habit, which we are confident that, it will help you to be more aware to appreciate the people and other things around you.

Let’s develop new habit to…

#1 See Other People’ Strength & Learn

Every person has strength and weakness, including us. Good things that we see in others can help us to learn and to be motivated to improve ourselves.

#2 See Other People’ Work & Appreciate

Every person can create something and it must be unique. Creative product or art is born from effort. By appreciating what others have made, we are also respecting their sacrifice (time, energy, & thoughts) to make it happens.

#3 See Other People’ Achievement and Support

When your friends achieve something, celebrate and congrats them sincerely. Be happy with them, and by doing this, you are currently giving your support for them to keep achieving for more and to keep going.

Every single day, we will find something and someone whom we can appreciate and respect. Train yourself and be ready; let’s spread the culture of appreciation wherever we are!

Search By Tags
Archive
bottom of page