top of page
Recent Posts

Voice Tips

Penyanyi ataupun bukan penyanyi, kita semua memiliki instrumen musikal yang spesial di dalam tubuh kita yang bernama pita suara. Pita suara membuat kita bisa berbicara, bertukar cerita, bernyanyi, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan menghasilkan suara!

Kita seharusnya menikmati pita suara kita! Bayangkan kalau tidak ada pita suara di dunia ini, pasti dunia akan terasa lebih sunyi dan suram. Maka itu, kita ingin memberikan beberapa tips untuk merawat pita suara:

#1 Jangan dipakai berlebihan.

Setiap hari kita perlu istirahat, demikian juga dengan pita suara kita. Jika pekerjaan ataupun aktifitasmu membuatmu menggunakan suara dalam jangka waktu yang lama, pastikan juga kamu punya waktu untuk sekedar tenang untuk membiarkan pita suara beristirahat. Lama tidurmu juga berpengaruh pada kualitas suaramu. Jangan kaget kalau suaramu akan lebih serak kalau kamu suka bergadang atau kurang tidur!

#2 Jangan terlalu kencang.

Kalau kamu terbiasa bicara dengan kencang dan keras, mungkin kamu harus merubah kebiasaan ini perhalan-lahan karena terlalu sering cara bicara ini bisa melukai pita suara. Tapi bagaimana jika kamu harus main drama di sekolah - dimana kamu harus bicara dengan kencang, jelas, dan lantang, atau mungkin bagaimana jika kamu bekerja sebagai MC atau pembawa acara? Poin yang berikutnya akan menjawab pertanyaan ini:

#3 Latih cara bernafas yang baik

Untuk mendukung kerja pita suara, kita punya penolong yang sangat hebat bernama: diafragma! Kamu dapat mengatifkan diafragma dengan cara bernafas menggunakan perut. Tarik nafas dari mulut (disarankan) atau dari kedua mulut dan hidung, kemudian arahkan udara itu ke perut. Kamu akan terbiasa kalau sering mencobanya. Jika saudara atau temanmu sedang memiliki bayi kecil, lihatlah bayinya, karena bayi normalnya akan bernafas menggunakan diafragma dan kamu akan melihat gerakan perutnya yang natural saat bernafas!

#4 Air itu teman baikmu

Air baik bagi kesehatan dan tetap membuatmu segar maka itu jangan suka lewatkan waktu minummu dan berikan tubuhmu air yang ia butuhkan.

Kita akan terus menggunakan suara kita sampai usia kita lanjut, maka itu, ini seharusnya bisa menjadi alasan kuat bagi kita untuk menjaga pita suara kita mulai dari hari ini. Kalau kamu cari di Google, pasti kamu akan mendapatkan tips lainnya yang akan berguna untukmu. Jadi cari tahu lebih banyak, tantang dirimu untuk memperluas wawasan akan hal ini. Dan yang terpenting...

CINTAI PITA SUARA & SUARAMU karena tidak ada satu pun orang di dunia ini yang memiliki suara yang sama persis denganmu! ; )

+++

Whether we are a singer or not, we all have this special musical instrument inside our body, called the vocal chord. It enables us to speak, share stories, sing out loud, and everything about producing a voice!

We really need to enjoy this vocal chord! Imagine a world without vocal chords, how dim and silent it would be. This is also why we need to take care of our vocal chord and use it in the right way. And now we are going to share you some tips to care for your vocal chord:

#1 Don't overuse it.

We need some rest everyday, and so does our vocal chord. If your work or activities requires you to use your voice for a long time, make sure you save some time just to be quiet and let the vocal chord rests. Your sleeping hours also matters to the quality of your voice. Notice that if you don't get enough sleep, there is going to be a change in your voice. It may not as smooth as it usually sounds, so get enough sleep!

#2 Not too loud.

If you have the habit to speak loudly and powerfully, maybe you are going to need to change the habit a little bit because speaking too loudly could hurt the vocal chord. But what if, you need to play some drama for school, for example, because you are going to need to speak loudly, clearly, and powerfully, or maybe having a job as an MC or presenter? Our next point will help you:

#3 Practice good breathing techniques

To support the work of the vocal chord, we have a very good helper called: diaphragm! You can activate the diaphragm muscle by breathing through your stomach. Breathe in from the mouth (preferable) or both your nose and mouth, then direct the breath to the stomach. You will get use to it if you use it often. If your siblings or friends have a little baby, you can also take a look at the baby because babies breathe normally using diaphragm and you'll see the natural movement of their stomach while breathing!

#4 Water is your best friend

Water is simply good and get you hydrated, so don't miss it and drink the amount of water that your body needs.

We will be using our voice until our old age, so this should be a very strong reason for us to take care of our vocal chord starting from today. If you search at Google, you're going to find other useful tips to help you care for the vocal chord. So find out more too, challenge yourself to broaden knowledge about this. And most importantly...

LOVE YOUR VOCAL CHORD & VOICE

because nobody else sounds like YOU! ; )

Search By Tags
Archive
bottom of page