top of page
Recent Posts

No Excuse


Suatu kali, kita pasti pernah atau akan mengalami masalah dengan orang lain. Tidak jarang juga, masalah tersebut menjadi semakin parah saat kita dan teman kita saling menyalahkan satu sama lain. "Aku begini karena dia begitu" cenderung terpikir oleh kita. Secara natural, lebih mudah untuk membela diri sendiri dulu sebelum kita mengerti apa yang terjadi di sisi orang lain. Setelah itu, sikap kita pun cenderung mengikuti pemikiran kita ini. Tapi jika ini terus berlanjut, secara tidak sadar, kita sebenarnya sedang menjadikan sikap orang lain sebagai alasan bagi kita untuk bersikap.

Pada post kali ini, kami ingin membagikan sesuatu yang mungkin akan berguna untukmu saat kamu ada di posisi itu. Tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Kalau biasanya kita berpikir "Aku begini karena dia begitu", kita cukup mengganti pikiran kita dengan "Kenapa dia bisa bersikap seperti itu?" dan mencari tahu lebih dalam sekaligus fokus dengan solusi. Komunikasi dengan baik dan dengan dua arah. Miliki kerendahan hati untuk mau mendengar orang lain dan mengkoreksi diri sendiri. Jika teman kita memang melakukan sesuatu yang tidak kita sukai, kita perlu mengungkapkannya tapi tetap dengan sikap yang bersahabat.

Dan secara tidak sadar, akan terjadi perubahan ini pada kita:

# Menyalahkan orang lain atau keadaan -> Bersikap dewasa dan mengambil tanggung jawab

# Mencari alasan untuk bersikap tidak bersahabat -> Mencari jalan keluar

# Dikendalikan oleh situasi -> Mengendalikan situasi

Bagaimana pun orang lain memperlakukan kita, seburuk apapun, tidak seharusnya menjadi alasan bagi kita untuk bersikap negatif atau tidak bersahabat. Tidak ada orang lain yang "membuat" kita melakukan sesuatu hal. Kalau kita melakukannya, itu adalah pilihan kita sendiri dan kita harus bertanggung jawab atas dampak yang akan dihasilkan.

Meskipun lebih mudah untuk menyalahkan keadaan atau orang lain, kita perlu mengingat bahwa dengan menyalahkan, tidak bisa membuat keadaan atau diri kita sendiri lebih baik. So choose what's best for our own good!

///

One day, we must have or will be having a conflict with others. Often, the problems grow worse as we and our friends blame each other. We tend to think, "I do this because he or she does that". Naturally, it's easy for us to defend ourselves first before we understand what happened to others. After that, we let our behaviour follows our thoughts. If this keep on going, we may not realise it but we are actually making other's action as an excuse for us to behave in a certain way.

On this post, we want to share something that may be useful for you when you are going through situation like that. It's not difficult to do. If we often think "I do this because he or she does that", simply change our thought with "WHY he or she does it?" then find out more about them as well as focusing on the solution. Communicate it well. Be humble enough to listen and improve ourselves. If our friend did something that we dislike, we need to communicate it as well but in a friendly way.

And before we realise it, these changes would happen in us:

# Blaming others or situation -> Being mature and take responsibility

# Making an excuse to behave in a certain way -> Looking for solution

# Controlled by situation -> Controlling situation

However other people treat us, it should never be an excuse for us to behave negatively and unfriendly. Other people can't make us do something. If we do it, it is our own choice and we have to take the responsibility for the result of our choice.

Though it's always easier to blame situations or others, we need to remember that blaming doesn't make anything or ourselves betters. So choose what's best for our own good!

Search By Tags
Archive
bottom of page