top of page
Recent Posts

Why They Bully


Kata "bully" sudah tidak menjadi asing lagi bagi kita. Mem-bully orang lain berarti menggunakan kekuatan, kekerasan, atau ancaman untuk mendominasi orang lain. Dan bukan sekedar menggunakan fisik, kekerasan atau penyalahgunaan kata-kata juga termasuk di dalamnya. Jika sikap ini bisa melukai orang lain, kenapa ada orang-orang yang tetap melakukannya?

Mari kita belajar bersama dan lebih lagi mengerti tentang bullying, dari sisi orang yang melakukannya kepada orang lain.

1. Pengalaman Buruk

Selama seseorang bertumbuh, pengalaman buruk kadang memang tidak terhindari. Ada orang yang mem-bully orang lain, karena dia pernah di-bully sebelumnya. Perasaan saat di-bully orang lain bisa jadi sangat menyakitkan sampai mendorong orang ini untuk melampiaskannya pada orang lain. Selain itu, ia juga bisa saja mengalami masalah di dalam keluarganya. Kekecewaan atau label negatif yang seseorang terima dari keluarganya sendiri dapat membuat seseorang menjadi agresif ataupun emosional.

2. Rendah Diri

Sebenarnya setiap orang itu berharga. Tapi jika ia tidak mengerti hal itu, dia bisa mengalami rendah diri dengan merasa serba tidak layak dan tidak mampu dalam banyak hal. Terkadang, ada yang berusaha untuk mencari orang yang seakan lebih "rendah" daripadanya untuk menutupi kekurangan yang ia rasakan pada dirinya. Rendah diri juga cenderung membuat seseorang gampang iri hati pada mereka yang dianggapnya lebih "baik" daripada dirinya. Orang ini perlu segera keluar dari pikirannya yang serba rendah diri, karena sebenarnya rendah diri sebenarnya juga mencerminkan keegoisan yang ia miliki.

3. Kesepian

Merasa tidak memiliki teman bisa membuat seseorang merasa bahwa ia tidaklah penting. Terkadang orang ini akhirnya mem-bully orang lain yang membuatnya merasa memiliki kekuasaan. Memiliki banyak teman pun tidak menjamin seseorang tidak kesepian, karena yang sebenarnya ia cari adalah perhatian.

Kami yakin ada banyak hal yang terjadi pada seseorang yang dapat membuatnya mem-bully orang lain. Tapi ada sebuah kabar baik bahwa kita bisa membuat perubahan.

Jika kamu sadar bahwa kamu mem-bully orang lain selama ini, belajarlah memaafkan pengalaman dan orang-orang yang telah melukaimu di masa lalu. Fokus untuk mengembangkan potensi dan talenta, dan ingatlah bahwa kamu adalah orang yang berharga, apapun yang orang katakan tentangmu, lalu stop mem-bully orang lain.

Jika kamu adalah orang yang merasa di-bully oleh orang lain, belajarlah untuk memaafkan orang yang mem-bullymu. Jangan hiraukan atau memasukkan kata-kata dan perbuatannya ke hati. Tapi tunjukkan sikap berani dan malahan bersahabat. Terus berikan respon yang baik dan benar, dan ingatlah bahwa kamu adalah seseorang yang berharga dan mampu menginspirasi orang lain.

Setiap orang itu berharga.

Hargai dirimu sendiri dan hargai orang lain dengan cara benar dan sehat. Selalu memilih untuk menjadi versi dirimu yang terbaik daripada sebaliknya.

+++

Bullying is not something new for us to hear. Bullying means to use power, force, or threat to dominate others. Not only physically abusive, but abusive words are also a form of bullying. If bullying can hurt others, why some people do it anyway?

Let's learn together so we would understand more about bullying, from the eyes of them who bully others.

1. Bad Experience

As children grow, sometimes bad experiences during childhood is inevitable. Some bully others because they were bullied before. Their feelings got terribly hurt when it happened that it pushed them to blast it on others. Other than that, some bully others because they had some family problems. It may cause disappointment or negative labels to turn them into emotionally aggressive people.

2. Low Self-Esteem

Actually, everybody is precious. But if people don't understand this truth, they may have low self-esteem; they feel that they are not worthy or incapable of doing many things. Sometimes, some try to look for others they can look down to, to cover their lack self-esteem. Low self-esteem can also lead people to be prone of jealousy when they see people whom they think "better" than them. People need to free themselves from this false way of thinking, as low self-esteem also shows their own ego.

3. Loneliness

That feeling people have when they are friendless can lead them to feel insignificant. Sometimes these people bully others to make them feel powerful. Meanwhile, having many friends don't always guarantee people from loneliness. Because what they actually search for is attention.

We believe that there are more factors out there that lead people to bullying. But the good news it, it doesn't have to stay like that.

If you have been bullying others all of this time, try to learn the experience and people who have hurt you in the past. Focus to develop your talents and potential. Remember that you have worth whatever people say about you, then stop bullying others.

If you feel like you've been bullied all of this time, learn to forgive them who bully you. Don't take a single word or action to your heart. Show that you are brave and even friendly towards them. Give the right and good response and remember that you have worth and you will inspire others.

Everybody is precious.

Value yourself and others.

Always choose to be the best version of yourself, not the opposite.

Search By Tags
Archive
bottom of page