top of page
Recent Posts

Do You Witness Bullying?


Segala sesuatu yang dilakukan manusia ada dampaknya. Seringkali juga, dampak itu tidak sekedar dirasakan oleh 1 pihak saja, tapi bisa banyak pihak. Salah satu hal yang berdampak kepada banyak pihak adalah bullying. Jika kamu membaca post VANELA Blog yang sebelumnya, kamu akan membaca penyebab dan dampak bullying kepada orang yang membully (Why They Bully), dan orang yang dibully (Impacts of Bullying).

Kali ini, kita belajar dari sisi pihak yang menyaksikan bullying terjadi. Apakah kamu termasuk di dalamnya?

Jika kamu perna menjadi saksi mata dari bullying yang sedang terjadi, pada kenyataannya, kamu sedang melihat situasi di mana keberadaan, identitas, dan nilai seseorang diperlakukan dengan tidak hormat, seperti sebagaimana seharusnya. Sebagai saksi mata, tidak selalu mudah untuk merespon. Jika ingin mengabaikannya, nurani kita tahu bahwa hal itu tidak benar. Jika ingin menolong orang yang sedang dibully, kita bisa saja juga merasa takut akan diperlakukan seperti itu. Pada intinya, bullying membuat kita merasa tidak aman dan nyaman di lingkungan di mana kita berada.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai saksi mata. Jika kita memberanikan diri untuk menolong orang yang dibully, kita perlu mencari waktu yang tepat untuk menegur mereka yang membully dan memberikan semangat kepada mereka yang dibully. Jika kita merasa tidak ingin terlibat secara langsung, kita bisa meminta tolong kepada guru atau orangtua yang lebih bijaksana untuk menjadi penengah. Tapi selain ini, kita juga harus menyadari peran penting yang kita miliki sebagai seorang inspirator.

Perkataan, perbuatan, pemikiran, dan seluruh keberadaan kita bisa menginspirasi dunia di sekitar kita! Saat kita tidak bisa merubah orang lain, situasi, atau pun lingkungan kita, kita bisa merubah diri sendiri dan menjadi seorang teladan.

Hanya karena seseorang membully orang lain, bukan berarti orang itu PANTAS untuk diperlakukan dengan sama atau lebih buruk. Sama halnya jika seseorang dibully oleh orang lain, bukan berarti kita perlu melihat dan melabel orang itu sebagai KORBAN. Lebih dari pendapat kita terhadap bullying, kedua pihak lebih membutuhkan peran kita sebagai inspirator. Keduanya membutuhkan kita menjadi orang-orang yang tetap menghargai mereka secara setara dan bukan berdasarkan apa yang sudah mereka lakukan atau apa yang sudah terjadi pada mereka. Keduanya membutuhkan teladan yang bisa menunjukkan bahwa menjaga kerukunan, menghormati orang lain, dan komunikasi yang baik adalah jalan untuk bersinergi.

Tunjukkan bahwa perbedaan adalah sebuah aset dan kekayaan. Lebih baik mencari teman dan menghargai sesama daripada membuat musuh dan menjatuhkan sesama. Jadilah teladan yang akan menginspirasi kedua pihak ini dengan keberadaan kita.

+++

Everything that human does always causes something. Often, it doesn't only impact a person, but many people. One of the thing that could impact many people is bullying. If you check out our previous posts on Vanela Blog, you will find the causes and impacts of bullying towards them who bully (Why They Bully) and also the people who are being bullied (Impacts of Bullying).

This time, we learn from the perspective of those who witness bullying. Are you one of them?

If you ever witnessed bullying, you are actually witnessing a situation where someone's life, identity, and value treated with disrespect. As witnesses, it's not always easy to respond. If we want to ignore it, our conscience know that it's not right. If we want to help them who are bullied, we may feel scared of being treated the same way. To sum it up, bullying causes us to be uncomfortable and unsafe of the environment we are in.

There are some things that we can do as witnesses. If we decide to help those who are bullied, we need to find a right time to speak and advice them who do the bullying, as well as, the right time to encourage them who are bullied. If we choose to not involve in it, we can ask for help from the teachers or parents who are wiser to act as the mediator. But other than this, we need to realise an important role that we have, we are an inspiration.

Our words, deeds, thoughts, and all of our being can inspire the world around us! When we can't change other people, situation, or our environment, we can change ourselves and be a role model.

Just because a person bully others, it doesn't mean that he or she DESERVES to be treated the same way or even worse. The same principle goes for those who are bullied by others, it doesn't mean that we should see and label them as a VICTIM. More than our opinions about bullying, both of them need our role as an inspiration. Both need us to be the people who keep our respect towards them, and not according to what they have done or what has happened to them. Both need us to be a role model who can show that peace, respect towards each other, and good communication is the way for us to synergise.

We need to show that differences are our assets and treasures. It's better to make friends and value each other instead of adding enemies and destroy each other. Be a role model that will inspire both of them with our being.

Search By Tags
Archive
bottom of page