top of page
Recent Posts

My Own Ideal Body Shape!


Saat kamu mendengar tentang bentuk tubuh yang ideal, apa yang ada di pikiranmu?

Seringkali, ada jarak saat kita berpikir tentang "bentuk tubuh ideal" dan "bentuk tubuh kita saat ini" yang sangat berpengaruh kepada tindakan kita yang selanjutnya. Kita cenderung berpikir bahwa "bentuk tubuh yang ideal" itu A, B, C, dan segala sesuatu yang di luar sana, kecuali bentuk tubuh kita saat ini.

Tapi, sama dengan kepribadian yang unik, bentuk tubuh setiap orang itu juga unik. Jika kita mengerti hal ini, kita bisa menerima dan menyukai apapun bentuk tubuh kita saat ini, karena tubuh kita ini unik dan kitalah satu-satunya pemiliki dari bentuk tubuh kita saat ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, "ideal" itu berarti "sangat sesuai dengan yang dicita-citakan atau diangan-angankan atau dikehendaki". Sebenarnya tidak ada yang salah dengan menginginkan bentuk tubuh yang ideal, yang perlu kita perbaiki adalah bagaimana kita mengartikan ideal itu.

1. Ideal Itu Personal

Buah lemon tidak harus jadi sama persis dengan ginseng. Apel punya bentuk yang unik, tidak sama dengan yang lain. Nanas juga tidak berharap mengecil menjadi seperti jagung. - Jangan mengejar bentuk tubuh ideal dengan membandingkan tubuhmu dengan orang lain. Ingat, bentuk tubuhmu yang kamu lihat di depan kaca saat ini adalah yang paling TEPAT dan PAS untukmu. Seberapapun tinggi, berat, dan bagaimana pun bentuknya. Tentunya kamu tidak mau hidup dengan tubuh orang lain kan?

2. Ideal itu Sehat

Olahraga, pola makan, dan pola hidup yang benar, adalah kunci mencapai bentuk tubuh yang kamu inginkan. Mulai peka terhadap apa yang kamu makan dan minum, nutrisi yang dikandungnya, utamakan kesehatanmu. Lihatlah apakah hidupmu sudah seimbang antara olahraga dan aktifitasmu. Perhatikan jam istirahatmu, apakah tubuhmu sudah mendapat perhatian dan istirahat yang cukup?

3. Ideal itu Perlu Proses

Arti daripada ideal adalah sesuatu yang dicita-citakan. Ini memberikan kita pengertian bahwa, jika kita ingin itu terwujud, perlu proses. Hari demi hari, bulan demi bulan, teruslah rawat tubuhmu dan pola hidupmu karena keduanya sangatlah berhubungan. Nikmati prosesnya, jangan mencari hasil cepat tapi berjangka pendek, karena perjalananmu merawat tubuh berlangsung seumur hidupmu.

Enjoy the journey, love your body, and live to the fullest!

+++

What comes to your mind when you heard about “the ideal body shape”?

The gap between “ideal body shape” and “our current body shape” often affects our next action. We tend to think that “ideal body shape” means A, B, C, and everything but our current body shape.

Meanwhile, just like each of us has unique personality, each of us also has unique body shape. If we understand this, it will be easy for us to accept and love our body shape no matter how it looks like, because it is unique, and we are the sole owner of our body shape.

According to Kamus Besar Bahasa Indonesia, “ideal” means “according to what one dreams of or wishes for or hope for”. Actually, there is nothing wrong with desiring an ideal body shape, but we should fix our definition of ideal.

1. Ideal is Personal

A lemon doesn't have to look like ginseng. An apple has a unique shape, unlike any other. A pineapple also doesn't wish to be as small as corn. - Don’t desire an ideal body shape by comparing your body with someone else’s. Remember that the body shape you’re looking at your mirror now is the PERFECT and the RIGHT ONE for you. The height, the weight, and however the shape is. Of course, you don’t want to live with someone’s else body, do you?

2. Ideal is Healthy

The right exercise, eating pattern, and lifestyle, is the key to the body shape you dream of. Be aware with what you eat and drink, the nutrition of your food, put your health first. Check yourself out whether you have balance between exercise and doing activities. Pay attention to your rest, does your body have enough rest it needs?

3. Ideal Needs Process

The meaning of ideal is related with something that we dream of. It gives us insight that if we want to make dreams come true, we are going to need process. Day by day, month by month, keep taking care of your body and your lifestyle because both of them are really connected. Enjoy the process, don’t look for an instant result that only lasts a while, because your journey of taking care of your body will take a lifetime.

Enjoy the journey, love your body, and live to the fullest!

Search By Tags
Archive
bottom of page