top of page
Recent Posts

Journaling Gratitude


Pernah merasa tidak bersemangat meskipun hari masih pagi?

Semangat, sudah menjadi kata yang umum didengar, tapi sebetulnya mungkin jarang kita hargai saat kita memilikinya. Semangat memiliki peranan penting dalam hidup kita. Dengan semangat, hari yang kita jalani jadi semakin berwarna. Dengan semangat, pekerjaan yang kita hasilkan jadi lebih maksimal. Dengan semangat, waktu yang kita gunakan akan lebih efektif. Dengan semangat, kita jadi lebih punya pandangan yang optimis daripada pesimis.

Tapi jika dari bangun di pagi hari kita tidak bersemangat, apa yang bisa kita lakukan?

Semangat itu bisa berasal dari sesuatu di luar kita, tapi kalau kita yang membangun semangat di dalam diri kita sendiri, tidak ada yang bisa mengambilnya dari kita. Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah menulis sebuah jurnal berisi hal-hal yang kita syukuri, setiap hari. Ya, setiap hari!

Mencatat hal-hal yang kita syukuri setiap hari tidak membutuhkan waktu yang lama. Kita bisa mengambil 10 menit saja, tapi hal kecil ini bisa membantu kita menikmati hidup dengan lebih maksimal, bisa mengurangi stres, perasaan jadi lebih tenang, memberikan kita perspektif baru akan hal-hal yang berharga untuk kita, lebih mengenal diri sendiri, dan mengingatkan kita akan hal-hal luar biasa yang kita miliki di hidup ini.

Ada beragam hal juga yang bisa kita tulis di dalamnya. Misalnya, menulis kekuatan dan keunikan kita; kebebasan yang kita miliki; nilai-nilai yang kita miliki; keluarga, teman-teman, dan orang-orang yang berdampak untuk hidup kita; makanan yang kita sukai; pengalaman baru kita; liburan terbaru kita; dan banyak sekali hal lainnya yang bisa kamu temukan di hidupmu sehari-hari!

Oleh karena itu, ayo menulis jurnal ini! Sedang bersemangat ataupun tidak, jurnal ini akan bermanfaat dan mengubah cara pandang kita terhadap hidup! Let's try it together!

+++

It’s a bright morning, but you don’t feel passionate at all about it?

Passion, is a word that we have commonly heard, but maybe we rarely value when we have it. Passion holds a vital role in our life. With passion, the day we live will be more colourful. With passion, the work we produce will be even better. With passion, the time we use becomes more effective. With passion, we look at life with optimism instead of pessimism.

But if we lose interest from the moment we wake up, what can we do?

Something from the outside can fuel our passion, but if we are the one who builds it from the inside, nothing can take it away from us. One of the thing we can do is journaling the things we are grateful for, every single day. Yes, every single day!

Writing the things we are grateful for doesn’t take a long time at all. We can simply take 10 minutes everyday, but this little thing can help us enjoy our lives more, reduce our stress level, give a calm feeling, give a new perspective towards the things we value, give more understanding of ourselves, and remind us of the amazing things that we have in this life!

There are various things we can write in it. For example, write down our strength and uniqueness; freedom that we have; values that we have; family, friends, and the people who have impacted our lives; the food we love; new experiences; our latest holiday; and many more that you spot from your everyday''s life!

Therefore, let’s write a journal of gratitude! Whether you are currently feeling passionate about life or not, this journal will be helpful for you and change the way you see life. Let's try it together!

Search By Tags
Archive
bottom of page