top of page
Recent Posts

Enemies of Growth


Sudah memberikan yang terbaik.

Sudah belajar banyak hal.

Sudah mengusahakan ini dan itu.

Tapi tetap stuck. Pernahkah kamu merasa seperti ini?

Terkadang, pertumbuhan diri kita bisa stuck dan terhambat bukan karena kita kurang mengusahakan yang terbaik, tapi karena kita masih melakukan kebiasaan lama, yang sudah terbentuk menjadi karakter.

Beberapa contohnya adalah seperti di bawah ini:

Pertama, iri hati. Timbul karena kita tidak puas dengan apa yang sudah kita miliki, sehingga kita cenderung membandingkan diri dengan orang lain, dan menginginkan pencapaian atau apapun yang dimiliki orang lain, yang menurut kita lebih baik. Berita baiknya, jika kita memilih untuk mensyukuri dan menghargai pencapaian atau apapun yang kita miliki, kita bisa lepas daripada iri hati, dan bahkan bisa melakukan berbagai hal dengan lebih maksimal.

Kedua, kesombongan. Kesombongan berakar dari kebutuhan orang akan pengakuan. Ingin dikenal, ingin dipandang hebat, ingin diakui, dan seterusnya. Cara mengatasi hal ini adalah dengan fokus untuk menjadi seseorang yang autentik. Karena keunikan kita adalah sesuatu yang membuat kita semua berbeda dan berharga.

Ketiga, mementingkan diri sendiri. Muncul saat kita tidak peka akan kebutuhan atau keadaan orang lain. Jika kita ingin menjadi orang yang peduli dengan orang lain, kita harus menyadari bahwa kita tidak bisa hidup sendiri. Kita dikelilingi oleh banyak orang, dan kita perlu bersinergi dengan mereka. Bukan karena kita perlu sesuatu sehingga kita mau peduli akan orang, tapi karena mengasihi orang lain adalah cara dan gaya hidup yang lebih baik.

Keempat, dendam. Sakit hati memang tidak bisa selalu kita hindari. Tapi dendam atau memaafkan adalah pilihan kita. Jika kita terus menyimpan kesalahan orang lain, sebenarnya kita sedang merusak dan membatasi diri dari potensi kita yang maksimal. Jika kita mau memaafkan, kita sedang menghargai diri kita, karena kita menjaga hati dan pikiran yang sehat, sehingga apapun yang kita kerjakan, akan lebih maksimal hasilnya.

Judul artikel ini adalah “Enemies of Growth” karena kita memang harus melawan karakter-karakter yang menghalangi pertumbuhan potensi kita sampai maksimal. Melawan berarti akan ada usaha dan kerja keras, bukan langsung berubah begitu saja. Tetapi, mari kita terus semangat mengejar apa yang baik, sehat, dan positif bagi hidup kita dan orang lain!

+++

You have given your best.

You have learned so many things.

You have tried this and that.

But you’re still just stuck. Have you ever felt like this?

Sometimes, our growth could be stuck not because we are not doing things good enough, but because we are still doing some damaging old habits that have turned into character.

Here are some examples:

First, jealousy. It shows up because we are not happy with what we have, and we compare ourselves with other people because we wish to have what they achieved and what they have, which looks better in our eyes. The good news it, if we choose to be grateful and value our own achievements and whatever we have, we can be free from jealousy, and we can do anything better than before.

Second, arrogance. Arrogance stems from the need to be acknowledged. To be known, to be famous, to be appreciated, and so on. We can fight arrogance off by focusing to be authentic instead. Our uniqueness is something that makes each of us different and precious.

Third, selfishness. It happens when we are not aware of other people’s needs or situation. If we want to be a caring person, we have to realise that we can’t live by ourselves. We are surrounded by many people and we need to synergise with them. Not because we need something out of others, but simply because loving others is a better way to live.

Fourth, resentment. Broken hearts are unavoidable. But to resent or to forgive is our own choice. If we keep records of wrong all of the time, we are actually damaging and limiting ourselves from reaching our maximum potentials. If we are willing to forgive, we are actually honouring ourselves, because we maintain a healthy heart and mind, so whatever we do, we will gain a better result.

The title of this post is “Enemies of Growth” because we do have to fight some characters or habits that are blocking our potential’s growth. To fight requires our effort and work hard, we don’t just instantly change. But let’s keep on chasing what is good, what is healthy, and what is positive for our own good and other people too.

Search By Tags
Archive
bottom of page