top of page
Recent Posts

Harmony in Your Team


Nilai dan budaya yang berlaku di sekitar kita seringkali lebih menunjukkan kita cara berkompetisi daripada bekerjasama. Nilai yang ditaruh dalam peringkat; pencapaian yang diukur; talenta yang diposisikan sebagai perlombaan, dan lain sebagainya.

Tentu ada hal positif yang dapat kita ambil dari semuanya itu. Kompetisi dapat memotivasi kita untuk berusaha lebih baik lagi. Kompetisi membuka wawasan dan pengetahuan kita akan apa yang orang lain dapat lakukan. Kompetisi bisa membuat kita jadi dikenal dan dilihat orang.

Tapi jika jiwa kompetisi kita menjadi sebuah ambisi sehingga kita harus selalu merasa dan menunjukkan yang lebih baik daripada orang lain, kita bisa terjebak di dalamnya, dan lupa bekerja sama dengan orang lain, jika kita selalu berada di posisi untuk melawan orang lain.

Kita harus tetap mengingat bahwa potensi, kemampuan, dan talenta yang berbeda bukanlah untuk diperlombakan untuk melihat siapa yang lebih baik, tapi untuk berpadu, di dalam sebuah harmoni, sehingga kita bersama-sama dengan orang tersebut dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan orang banyak.

Bagaimana caranya membangun tim yang harmonis? Bersama timmu, kamu dapat melakukan tiga hal ini:

1. Menyatukan visi

Saat berpergian, kita tidak bisa sampai ke sebuah tempat yang sama dengan orang lain jika kita tidak menentukan tujuannya terlebih dulu. Visi adalah tujuan yang mau dicapai. Team dengan satu visi mengantarkan setiap anggotanya ke satu visi tersebut. Team dengan visi yang terpecah mengantarkan setiap anggotanya ke berbagai visi yang berbeda.

2. Saling mengenal kelemahan dan kekuatan

Kenali kelemahan dan kekuatan diri sendiri, kemudian belajar kenali kelemahan dan kekuatan anggota tim kita. Mengenal kelemahan mereka adalah supaya kita bisa mendukung mereka di area yang mereka butuhkan. Mengenal kekuatan mereka adalah supaya kita bisa mengalokasikan pekerjaan yang paling tepat bagi setiap anggota supaya hasil yang dicapai bersama menjadi maksimal.

3.Saling mengapresiasi

Mengapresiasi sama dengan membangun anggota tim kita. Kita perlu memberikan kritik di saat yang dibutuhkan agar rekan kita dapat memperbaiki kesalahannya. Tetapi pada saat yang sama kita harus mengapresiasi, dengan memberikan pujian dan penghargaan terhadap hal-hal baik yang dia lakukan, agar hal itu bisa memotivasi rekan kita.

Tim yang harmonis akan otomatis menjadi lingkungan yang sehat bagi setiap kita untuk bekerja dan berkembang.

+++

Values and cultures around us tend to teach us more about competing instead of teamwork. Scores are put into grades; achievements are being measured; talents are positioned in rivalry, and many more.

Of course there are positive things we can get from all of it. Competition motivates us to do better than before. Competition opens our knowledge of what other people can do. Competition can show people what we can do.

But if spirit of competition becomes an ambition that requires us to always feel better than other people, we could be trapped in it and forgot to work with other people, if we are always against them.

We need to remind ourselves that our different potential, ability, and talent are not meant to be put into a competition to show who does it best, but to cooperate with each other, in a harmony, so together with others, we can create something useful for the lives of many.

How to build harmony in your team? Together, you can do these three things:

1. Have one vision

If we are going somewhere without deciding the destination, we will go nowhere. Vision is the purpose we want to achieve. A team with one vision will take its members to that one vision. A team with divided visions will take its members to divided visions.

2. Identify each other’s weakness and strength

Firstly identify your own weakness and strength. Then, learn to identify other’s weakness and strength. Identifying weakness is for the purpose of supporting our partners in the area that they need. Identifying strength is for the purpose of allocating the right work to the right person so whatever we are trying to achieve together, will be effective.

3. Appreciate each other

Appreciating equals building our team members. We need to give critics that others need so they could improve themselves. But at the same time, we have to appreciate the good things they have done, so it will motivate them.

Harmony in our team will become a great environment for us to work and grow.

Search By Tags
Archive
bottom of page